Kemenangan Perdana Garuda Nusantara

Garuda Nusantara menjalani partai kedua melawan Timor Leste di ajang AFF Suzuki Cup 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (13/11/2018) kemarin.

Skuad asuhan Bima Sakti harus bangkit dan membutuhkan kemenangan untuk tetap menjaga peluang lolos ke babak berikutnya. Apalagi lawan yang dihadapi Hansamu Yama dan kawan-kawan, tim yang baru menelan kekalahan telak saat melawan Tim Gajah Putih dengan skor 7-0.

Pertandingan melawan skuad asuhan Norio Tsukitate asal Jepang ini, harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh pemain Timnas untuk memperbaiki koordinasi permainan. Pada partai sebelumnya, Timnas harus menelan kekalahan atas tuan rumah Singapura dengan skor 1-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Garuda langsung mengambil inisiatif menyerang di awal babak pertama. Alberto Goncalves masih menjadi andalan ujung tombak di lini depan. Melalui aksi gelandang asal Kedah FA, Andik Vermansyah yang mencoba melakukan penetrasi untuk menggempur jantung pertahanan Timor Lorosae yang di pimpin sang kapten, Nathaniel Reis.

Lewat set piece tendangan sudut, bola hasil tandukan Hansamu, dibiarkan saja oleh Evan Dimas yang tidak menduga arah datangnya bola di mulut gawang lawan.

Pada menit 34′ umpan tarik Andik hampir menciptakan gol lewat tandukan Evan Dimas. Si kulit bundar masih dapat ditepis kiper Fagio Augusto. Banyak peluang yang tercipta di babak pertama untuk Timnas Garuda, tapi belum bisa di maksimalkan untuk menjadi gol.

Babak Kedua

Andritany harus memungut bola dari gawangnya di menit 48′ usai dijebol oleh pemain Timor Leste bernomor punggung 7, Rufino Gama. Gol tercipta lewat tendangan cantik diluar kotak penalti. 1-0 untuk Timor Leste.

Indonesia baru bisa membalas lewat gol yang dicetak Alfath Fathier di menit 60′. Tendangan mendatar yang ia lesakkan, tidak dapat ditangkap sempurna oleh kiper Fagio Augusto karena rumput SUGBK yang tidak terlalu baik sehingga bola memantul tanah dan berubah arah. Skor menjadi imbang 1-1.

Lewat aksi Andik di kotak penalti yang dilanggar pemain belakang lawan, wasit pun memberikan penalti yang di eksekusi oleh Stefano Lilipaly di menit 69′. Garuda unggul 2-1.

Striker Timnas, Alberto Goncalves. (foto : google.com)

Pentrasi Riko Simanjuntak dari sayap kanan yang mengirim umpan matang, sukses di tanduk striker Alberto Goncalves menit 82′ untuk memperlebar skor menjadi 3-1 untuk kemenangan Timnas Garuda.

Jadwal Timnas dan klasemen sementara Grup B

Banyak yang harus dibenahi di skuad Timnas Garuda. Organisasai permainan saat menyerang dan bertahan serta kreatifitas pemain. Tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Bima Sakti. Karena laga berikutnya pada Sabtu (17/11/2018), akan menjadi pembuktian saat tandang melawan tuan rumah Thailand yang merupakan peraih trofi terbanyak pada ajang dua tahunan di kawasan Asia Tenggara.

Jadwal pertandingan Timnas :

foto : screenshot

Berikut klasemen sementara Grup B AFF Suzuki Cup 2018 :

foto : screenshot

Most Popular

Tanda-tanda Pelemahan Rupiah Mulai Terasa

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tampaknya akan melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Tanda-tanda depresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable...

Kibordis Bon Jovi, David Bryan Terdiagnosis Virus Corona

Kibordis Bon Jovi, David Bryan mengumumkan positif terinfeksi virus corona Covid-19. Ia melaporkan kondisinya semakin membaik setelah mengarantina diri sendiri pada pekan lalu. "Saya baru...

Ditutup 31 Maret, Ayo Segera Daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah

Untuk calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) untuk menempuh pendidikan tinggi disarankan agar segera mendaftarkan KIP Kuliah hingga 31 Maret...

Jokowi Naikkan Insentif Kartu Pra Kerja, Semula Rp 650 Ribu Jadi Rp 1 Juta

Kartu Pra Kerja menjadi salah satu cara pemerintah mengurangi dampak virus corona terhadap perekonomian dalam negeri. Presiden Joko Widodo pun menaikkan besaran insentif tunai yang...