NEWS

San Siro, Giuseppe Meazza

San Siro untuk AC Milan, sedangkan Giuseppe Meazza untuk Inter Milan. Inilah nama stadion yang terletak di distrik San Siro, Milano yang menjadi markas dua tim, Rossoneri dan Nerazzurri. Terpecahnya kubu Milan menjadi nama stadion itu menjadi dua. Untuk AC Milan, nama San Siro menjadi kebanggaan, karena merupakan nama awal stadion itu. Namun, bagi Inter nama itu seolah tak menyentuh hati.

Tifosi Inter Milan.

Nama Giuseppe Meazza, mantan legenda Inter pun dijadikan nama stadion itu pada 1979. Perpecahan Milan dan Inter terjadi pada 1908. Kubu AC Milan yang tadinya sendirian mewakili kota Milan, harus terbagi menjadi dua dengan berdirinya Internazionale.

Pada awalnya stadion hendak dibangun dengan kapasitas 150.000 penonton, namun karena faktor keamanan tidak boleh melebihi 100.000 kapasitas, jadilah stadion itu kini berkapasitas 85.000 tempat duduk.

Stadion bagi kedua tim di kota Milan ini, benar-benar dirancang untuk sepakbola, keamanan dan kenyamanan penonton. Berdiri kokoh ditunjang oleh 11 tangga menara. Diantara lapangan dan tribun dibatasi oleh fiberglass yang sangat transparan sehingga penonton tidak terganggu untuk menyaksikan pertandingan.

Tifosi AC Milan.

Stadion ini merupakan pemberian mantan Presiden Milan, Pioro Pirelli, pada 19 September 1926. Kapasitas awal adalah 10.000 tempat duduk. Pada tahun 1939 stadion direnovasi dengan kapasitas 55.000 tempat duduk.

Pada 1989, perbaikan besar-besaran dilakukan guna persiapan Italia menjadi tuan rumah Piala Dunia 1990.

Stadion di Kota Milan 1980-85.

Tahun 1990, Italia memang sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia. Kesuksesan Milan merebut gelar Piala Champion, sementara Sampdoria dan Juventus memboyong Piala Winner dan Piala UEFA.

Publik Italia menganggap barometer timnas pada masa itu. Warga Italia merasa, jika mereka menguasai kompetisi Eropa, bukan tidak mungkin ketika bergabung dengan timnas mampu menguasai dunia. Sayang, anggapan itu tak menemui kenyataan. Italia harus terjegal di semifinal, ditaklukan Argentina.

Most Popular

Update Corona Indonesia 27 Maret: 1.046 Positif, 46 Sembuh, 87 Meninggal

Jumlah kasus positif virus corona COVID-19 kembali bertambah. Hingga Jumat (27/3/2020) tercatat 1.046 kasus positif, 46 sembuh, dan 87 meninggal."Ini menunjukkan masih ada penularan...

Pendaftaran KIP Kuliah untuk Peserta SNMPTN 2020 Segera Ditutup, Cek dan Jangan Sampai Ketinggalan

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu segera ditutup.Informasi yang dihimpun dari situs Kemendikbud,...

Ditutup 31 Maret, Ayo Segera Daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah

Untuk calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) untuk menempuh pendidikan tinggi disarankan agar segera mendaftarkan KIP Kuliah hingga 31 Maret...

Pernah Ditampung Preman Blok M, Ini 5 Fakta Dokter Tirta yang Kerap Bergaya Nyentrik

Sosok Dr. Tirta saat ini tengah menjadi perbincangan publik. Ia memberikan sindirian halus kepada para influencer atau selebgram kondang untuk turut membantu menangani penyebaran...