Buah & Sayuran Memiliki Serat Tinggi Yang Wajib masuk daftar menu

Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Mengapa demikian?

Untuk menjaga kesehatan tubuh setiap orang berbeda-beda caranya. Menjaga kesehatan anak tentu berbeda dengan cara menjaga kesehatan orang dewasa.

Terkadang seseorang juga sudah menjaga pola makan dan mengonsumsi zat gizi yang cukup namun masih saja kemungkinan terkena penyakit.

Hal itu karena aktivitas yang terlalu padat, istirahat yang kurang, serta jarang berolah raga. Oleh karena itu tidak hanya menjaga asupan gizi saja melainkan harus memberikan kesempatan tubuh untuk istirahat.

1. Kelompok buah-buahan tinggi serat Sebenarnya, semua jenis buah memiliki serat di dalamnya, namun ada beberapa macam buah yang mengandung serat cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu: Alpukat, meskipun menjadi sumber lemak – lemak baik tentunya – buah ini ternyata memiliki serat yang cukup tinggi sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat. Apel, dalam satu buah apel ukuran sedang Anda dapat menemukan serat sebanyak 4,4 gram Pir, termasuk makanan tinggi serat sebab mengandung 5,5 gram serat dalam satu buah pir ukuran sedang. Kelompok buah beri, seperti strawberi dan raspberi, termasuk buah yang memiliki serat yang tinggi. Contohnya, dalam 100 gram raspberri terdapat 6,5 gram serat. Pisang, selain menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium, serat yang dimiliki pisang sebanyak 3,1 gram dalam satu buah pisang ukuran sedang. 2. Kelompok sayur-sayuran tinggi serat Sama seperti buah, semua sayur dapat Anda andalkan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Beberapa jenis sayuran yang termasuk makanan tinggi serat, yaitu: Brokoli, di dalam 100 gram sayuran hijau ini Anda dapat menemukan 2,6 gram serat. Wortel adalah sayuran yang berasal dari akar tumbuhan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Buktinya, serat yang ada di dalam wortel sebanyak 1 gelas belimbing adalah 3,4 gram serat. Daun kale, yang dianggap sebagai salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan ini, mempunyai serat sebanyak 3,6 gram dalam 100 gram kale. Bayam, mengandung 2,2 gram serat di dalam 100 gram bayam. 3. Kelompok kacang-kacangan tinggi serat Kacang-kacangan ternyata termasuk ke dalam makanan tinggi serat dan berikut adalah beberapa jenis kacang yang paling tinggi seratnya: Kacang merah, punya serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 7 gram per 100 gram kacang merah. Almond mengandung 3,5 gram serat per 23 kacang almond. 4. Makanan pokok tinggi serat Tentunya, makanan pokok yang merupakan sumber utama karbohidrat pasti memiliki kandungan serat di dalamnya. Sebab, sebenarnya serat adalah salah satu jenis karbohidrat. Berikut adalah jenis makanan pokok yang tinggi akan serat: Oat, adalah makanan pokok yang cocok untuk Anda yang sedang dalam diet ketat. Selain bentuknya yang padat , oat dapat membuat Anda sangat kenyang karena mengandung 10,6 gram serat dalam 100 gram oat. Beras merah, tidak seperti beras putih yang tidak memiliki banyak serat. Beras jenis ini mempunyai 3,5 gram serat per satu gelas beras merah.

Dampak Kekurangan Serat bagi Kesehatan Tubuh

Jenis penyakit yang ada saat ini sangat banyak. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan yang sudah terlalu banyak polusi yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Belum lagi penyakit-penyakit degeneratif seperti stroke dan diabetes yang saat ini juga menempati peringkat teratas pada masalah kesehatan di Indonesia.

Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Untuk menjaga kesehatan tubuh setiap orang berbeda-beda caranya. Menjaga kesehatan anak tentu berbeda dengan cara menjaga kesehatan orang dewasa. Terkadang seseorang juga sudah menjaga pola makan dan mengonsumsi zat gizi yang cukup namun masih saja kemungkinan terkena penyakit. Hal itu karena aktivitas yang terlalu padat, istirahat yang kurang, serta jarang berolah raga. Oleh karena itu tidak hanya menjaga asupan gizi saja melainkan harus memberikan kesempatan tubuh untuk istirahat.

Hal yang bisa memicu timbulnya penyakit tersebut adalah kebiasaan mengonsumsi makanan siap saji seperti burger, fried chicken pizza yang mengandung banyak bahan pengawet.

Zat-zat kimia itu dalam jangka waktu lama akan terakumulasi dalam tubuh dan menimbulkan gejala-gejala penyakit degeneratif.

1. Kelompok buah-buahan tinggi serat

Sebenarnya, semua jenis buah memiliki serat di dalamnya, namun ada beberapa macam buah yang mengandung serat cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu:

Alpukat, meskipun menjadi sumber lemak – lemak baik tentunya – buah ini ternyata memiliki serat yang cukup tinggi sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat.

Apel, dalam satu buah apel ukuran sedang Anda dapat menemukan serat sebanyak 4,4 gram

Pir, termasuk makanan tinggi serat sebab mengandung 5,5 gram serat dalam satu buah pir ukuran sedang.

Kelompok buah beri, seperti strawberi dan raspberi, termasuk buah yang memiliki serat yang tinggi. Contohnya, dalam 100 gram raspberri terdapat 6,5 gram serat.

Pisang, selain menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium, serat yang dimiliki pisang sebanyak 3,1 gram dalam satu buah pisang ukuran sedang.

2. Kelompok sayur-sayuran tinggi serat

Sama seperti buah, semua sayur dapat Anda andalkan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Beberapa jenis sayuran yang termasuk makanan tinggi serat, yaitu:

Brokoli, di dalam 100 gram sayuran hijau ini Anda dapat menemukan 2,6 gram serat.

Wortel adalah sayuran yang berasal dari akar tumbuhan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Buktinya, serat yang ada di dalam wortel sebanyak 1 gelas belimbing adalah 3,4 gram serat.

Daun kale, yang dianggap sebagai salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan ini, mempunyai serat sebanyak 3,6 gram dalam 100 gram kale.

Bayam, mengandung 2,2 gram serat di dalam 100 gram bayam.

3. Kelompok kacang-kacangan tinggi serat

Kacang-kacangan ternyata termasuk ke dalam makanan tinggi serat dan berikut adalah beberapa jenis kacang yang paling tinggi seratnya:

Kacang merah, punya serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 7 gram per 100 gram kacang merah.

Almond mengandung 3,5 gram serat per 23 kacang almond.

4. Makanan pokok tinggi serat

Tentunya, makanan pokok yang merupakan sumber utama karbohidrat pasti memiliki kandungan serat di dalamnya. Sebab, sebenarnya serat adalah salah satu jenis karbohidrat. Berikut adalah jenis makanan pokok yang tinggi akan serat:

Oat, adalah makanan pokok yang cocok untuk Anda yang sedang dalam diet ketat. Selain bentuknya yang padat , oat dapat membuat Anda sangat kenyang karena mengandung 10,6 gram serat dalam 100 gram oat.

Beras merah, tidak seperti beras putih yang tidak memiliki banyak serat. Beras jenis ini mempunyai 3,5 gram serat per satu gelas beras merah.

Most Popular

Update Corona 25 Maret: 790 Kasus, 31 Sembuh, 58 Meninggal

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan ada penambahan kasus positif Corona pada Rabu, 25 Maret 2020."Ada penambahan kasus positif sebanyak 105...

Ditutup 31 Maret, Ayo Segera Daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah

Untuk calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) untuk menempuh pendidikan tinggi disarankan agar segera mendaftarkan KIP Kuliah hingga 31 Maret...

Benarkah Vaksin Flu Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona?

Persediaan vaksin flu di Indonesia kini telah menipis karena banyak masyarakat yang percaya bahwa pemberian vaksin ini dapat mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19....

Viral Jenazah Pasien PDP Covid-19 di Kendari Jadi Kerumunan, Puluhan Pelayat Diisolasi

Pasien Dalam Pengawasan Covid -19 yang meninggal pada Senin (23/3/2020) di RSUD Bahteramas Kendari, Sulawesi Tenggara mendadak viral di media sosial. Pasalnya, jenazah yang...