NEWS

Bentuk Ponsel Teraneh di Dunia, Pakai Nomor Putar Ala Telepon Jadul

Ponsel Teraneh di Dunia, Pakai Nomor Putar Ala Telepon Jadul (Foto: Justine Haupt/skysedge)

Seorang insinyur membuat ponsel aneh dengan nomor yang diputar ala telepon zaman dulu. Lebih aneh lagi, ponselnya laku dicari orang.

Justine Haupt adalah insinyur peneliti di Brookhaven National Laboratory di New York, Amerika Serikat. Berbeda dengan orang kebanyakan, dia anti dengan smartphone yang menurut dia omong kosong dan mengendalikan penggunanya.

Dia pun menciptakan Rotary Cellphone, alias HP dengan nomor putar seperti telepon rumah tahun 1980-an. Haupt mempromosikan HP uniknya di situs resminya seperti dilihat detikINET, Rabu (19/2/2020).

Bentuknya aneh, seperti kawin silang yang dipaksakan antara telepon rumah dan ponsel. Haupt mendesain semuanya sendiri dari mainboard dengan segala kabelnya, casingnya dia bikin dengan printer 3D.

“Saya ingin sesuatu yang sepenuhnya punya saya, personal dan taktis juga tidak usah SMS,” kata dia.

Ponsel rancangannya punya 1 fungsi utama: menelepon orang lain. Menurut dia, aneka aplikasi smartphone dan aneka fiturnya itu omong kosong.

“Dunia layar sentuh hiperkonektivitas itu mengganggu dan orang tidak punya kuasa atas telepon mereka,” kata Haupt.

Untuk menelepon orang lain, kita tidak usah memutar nomornya satu persatu. Haupt merancangnya menjadi speed dial. Setiap nomor mewakili kontak yang ingin dihubungi. Artinya dia hanya bisa menyimpan 10 nomor telepon.

Bentuk Ponsel Teraneh di Dunia, Pakai Nomor Putar Ala Telepon Jadul
Bentuk Ponsel Teraneh di Dunia, Pakai Nomor Putar Ala Telepon Jadul

Bahkan, tombol powernya menggunakan tombol geser. Sekali lagi, Haupt anti dengan cara menekan tombol yang lama untuk menghidupkan ponsel.

Ponsel ini memakai ATmega2560v mainboard dan FONA 3G untuk menangkap sinyal dengan antena Quad-band GSM, ada slot SIM Card 3G, baterainya 1,2Ah Lippo Battery yang umurnya cuma 2 jam. Repot juga nih!

Most Popular

OJK Minta Debitur Tak Serbu Leasing atau Bank untuk ‘Libur’ Cicilan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan relaksasi pinjaman dan pembiayaan dalam rangka menanggulangi dampak wabah virus corona. Relaksasi itu tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) No....

Pernah Ditampung Preman Blok M, Ini 5 Fakta Dokter Tirta yang Kerap Bergaya Nyentrik

Sosok Dr. Tirta saat ini tengah menjadi perbincangan publik. Ia memberikan sindirian halus kepada para influencer atau selebgram kondang untuk turut membantu menangani penyebaran...

‘Gaji’ Kartu Pra Kerja Jokowi Naik Jadi Rp 1 Juta

Kartu Pra Kerja menjadi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menanggulangi badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Khusus saat darurat corona, program ini akan dijalankan...

Omzet Bisnis Katering Anjlok 40% Imbas Wabah Corona

"Jadi kalau dipukul rata sih mereka kondisinya secara total ya, secara total ya kita di bisnis jasa boga ini 40% lah turunnya," kata Dewan...