#WOWFAKTA

Piala Dunia 2022 Qatar : Kemewahan Tuan Rumah

Label negara terkaya telah melekat pada negara Qatar sejak pertumbuhan ekonominya ditopang dari sektor minyak bumi dan gas alam. Kehidupan penduduk disana sangat makmur karena kekayaan yang melimpah.

Negara yang terletak di Jazirah Arab yang berbatasan dengan Arab Saudi dan Teluk Persia ini, dipercaya oleh Asosiasi Sepakbola Internasional, FIFA, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sebelumnya Gianni Infantino selaku Presiden FIFA mengungkapkan, ada beberapa perubahan dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar.

Seperti misalnya, jadwal pertandingan, jumlah negara peserta, hingga pertimbangan kembali untuk menggunakan VAR.

Meski banyak yang antusias menyambut, namun Piala Dunia 2022 Qatar juga mengundang kekecewaan.

Jadwal penyelenggaraan yang diadakan pada bulan November sampai dengan Desember 2022, tentunya merugikan liga-liga top Eropa, seperti Liga Ingggris, Italia, Spanyol bahkan juga Liga Champion.

Musim panas di Qatar kabarnya sangat ekstrim. Suhunya bisa mencapai 41 derajat celcius.

Hal ini pula yang menjadi alasan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar di akhir tahun karena untuk menghindari musim panas pada bulan Mei sampai dengan September.

Begitu juga dengan jadwal Puasa Ramadan pada bulan April 2022, jadi sangat tidak mungkin jika dimajukan di awal tahun 2022.

Stadion Piala Dunia 2022 Qatar

Beranjak dari permasalahan jadwal Piala Dunia, ada beberapa yang menakjubkan dari Qatar setelah terpilih sebagai tuan rumah.

Kini Qatar telah menyiapkan beberapa stadion untuk ajang tersebut, pastinya sangat unik dan juga mewah. Membuat mata terbelalak melihatnya.

Berikut rangkuman beberapa venue stadion yang akan dibangun dan digunakan pada Piala Dunia 2022 :

1. Sport City Stadium

(Foto: stadioumdb)

Sport City Stadium merupakan stadion baru yang dibangun untuk menyambut Piala Dunia 2022. Stadion ini rencananya akan punya daya tampung 46.860 penonton.

2. Stadion Al Shamal

(Foto: welt.de)

Memiliki kapasitas 45.120 tempat duduk, stadion ini memiliki desain yang terinspirasi dari perahu tradisional negara-negara Arab.

3. Stadion Al Wakrah

(Foto: stadioumdb)

Al Wakrah punya desain unik yang membuatnya terlihat elegan. Punya kesan futuristik yang kental, stadion ini punya daya tampung 40 ribu, yang nantinya akan dikurangi jadi 20.000 usai Piala Dunia.

4. Um Salal Stadium

(Foto: welcomeqatar)

Um Salal Stadium didesain menyerupai benteng kuno Arab. Stadion masih dalam tahap rencana ini akan punya kapasitas 45.120 penonton.

5. Doha Port Stadium

(Foto: Qatar 2022 via Getty Images)

Doha Port Stadium terletak tak jauh dari tepi pantai. Stadion ini akan dibangun dengan kapasitas 40.000 tempat duduk.

6. Thani bin Jassim Stadium

(Foto: goexplore)

Thani bin Jassim Stadium dikenal juga sebagai Al-Gharrafa Stadium. Sudah berdiri sejak 2003, stadion ini akan di-make over untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

7. Ahmed Bin Ali Stadium

(Foto: dohanews)

Ahmed Bin Ali Stadium juga kerap disebut sebagai Al-Rayyan Stadium. Punya kapasitas 23.000 penonton, stadion ini akan direnovasi untuk Piala Dunia 2022 hingga mampu menampung 43.000 orang.

8. Qatar University Stadium

(Foto: worldcupstadium)

Qatar University Stadium merupakan milik Universitas Qatar. Stadion ini rencananya akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia 2022 dan akan mengalami perubahan besar dari yang kini cuma bisa menampung 7.000 orang.

Most Popular

Azis Gagap Umumkan Berhenti dari OVJ

“Sebetulnya sih berat untuk mengutarakan hal ini, tapi mau dibilang berhenti pun enggak, jujur berat," kata Azis Gagap.Namun Azis Gagap tak menjelaskan alasannya berhenti...

Omzet Bisnis Katering Anjlok 40% Imbas Wabah Corona

"Jadi kalau dipukul rata sih mereka kondisinya secara total ya, secara total ya kita di bisnis jasa boga ini 40% lah turunnya," kata Dewan...

Efek Virus Corona, Kapolres Simalungun Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Anggota Polri

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Polri hinggal tanggal 6 April 2020 mendatang. Diduga efek merebaknya Virus Corona (Covid-19).Humas Kapolres,...

Kasihan, Karyawan Katering Dirumahkan Imbas Corona

Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Diana Dewi mengungkapkan bahwa karyawan katering mulai dirumahkan imbas ditundanya pernikahan atau resepsi pernikahan.Karyawan yang dipulangkan khususnya...