- Advertisement -

Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Dalam Dunia Internet

- Advertisement -

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Secara ringkas, perbedaan HTTP dan HTTPS adalah keamanan. Perbedaan HTTP maupun HTTPS nampak bagi anda yang sudah sering melakukan penjelajahan di Internet. Tentunya anda sudah sangat akrab dengan apa yang namanya HTTP.

HTTP pasti akan muncul pada text box alamat semua situs yang kita akses dengan menggunakan web browser ataupun client internet lainnya. HTTP biasanya akan muncul secara otomatis ketika kita akan melakukan permintaan akses ke dalam situs internet, yang biasanya diawali www.

Nah disisi lain, dalam mengembangkan website seperti wordpress, sering kita dihadapkan pada istilah? HTTP dan HTTPS. HTTP dan HTTPS memang menjadi dilema bagi kita, karena HTTP pun masih banyak digunakan oleh website yang memiliki peringkat tinggi di google.

Daftar Isi Artikel
Pengertian HTTP dan HTTPS itu sendiri.
Agar tidak bingung dalam menentukan pilihan, ada baiknya dulu kita mengetahui Perbedaan kedua protokol ini.

- Advertisement -

1. Pengertian HTTP
HTTP sendiri merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, yang menurut Wikipedia.org adalah sebuah protokol jaringan yang sifatnya didistribusikan secara kolaboratif, yang merupakan dasar dari komunikasi data untuk sebuah www atau world wide web. HTTP sendiri dalam bekerja menggunakan protocol yang populer digunakan dalam dunia internet, yaitu protocol TCP/IP .

Secara umum, HTTP juga merupakan sebuah protocol jaringan aplikasi (yang pada protocol OSI layer kita kenal dengan istilah Application Layer). Yang digunakan untuk sebuah sistem informasi terdistribusi, yang kolaboratif dengan menggunakan bantuan hypermedia.

Dapat disimpulkan bahwa HTTP sendiri merupakan sebuah protocol yang dapat menghubungkan antara klien (yang dalam hal ini adalah sebuah web browser) terhadap server dari situs yang akan di request pada saat itu.

Jadi, dengan adanya HTTP, user yang bekerja pada sebuah browser akan bisa memperoleh link atau tautan langsung dari situs yang sudah tersedia.

Meskipun populer dengan penggunaan TCP/IP, HTTP sendiri pada dasarnya tidak hanya berfokus pada penggunaan protokol TCP/IP. Namun demikian, dalam aplikasinya, HTTP sendiri sebenarnya membutuhkan suatu protokol aplikasi yang merupakan sebuah protokol lapisan transport atau transport layer yang bisa mendukung kebutuhan HTTP ini dalam bekerja.

- Advertisement -

2. Sejarah Singkat HTTP
Belum ada tahun yang pasti mengenai diciptakannya HTTP pada masa berjayanya pengembangan internet era 90-an. Namun demikian, diyakini bahwa HTTP sudah muncul ketika Tim Berners Lee menciptakan dan juga mendeklarasikan yang disebut dengan WWW atau world wide web pada era 1990.

Pada saat terciptanya WWW tersebut, dibutuhkan sebuah hypertext yang dapat menghubungkan client dengan sebuah situs yang sudah ada dengan menggunakan www. Maka dari itu, penggunaan HTTP pun mulai banyak digunakan sejak saat itu.

Beberapa tahun setelah itu, terdapat sebuah Konsorsium, yang bernama W3C atau World Wide Web Consortium, yang membahas mengenai penggunaan world wide web.

- Advertisement -

Saat itu, penggunaan HTTP pun sudah dikembangkan menjadi sebuah standar yang bisa digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan www, yang pada saat itu menghasilkan sebuah dokumen yang bernama request for comments pada tahun 1999.

Saat ini, ada dua versi utama dari penggunaan HTTP secara umum di dunia. Yang pertama adalah HTTP/1.0 dan yang kedua adalah HTTP/1.1. perbedaan antara kedua jenis HTTp ini adalah pada sistem koneksi yang digunakan.

HTTP 1.0 menggunakan koneksi yang terpisah untuk masing-masing dokumen yang akna diakses, yang mana menyebabkan koneksi akan menjadi sedikit melambat.

Sedangkan HTTP 1.1 menggunakan koneksi yang sama untuk dokumen dokumen yang akan diakses, yang maan hal ini menyebabkan koneksi dengan menggunakan HTTP 1.1 menjadi lebih cepat dan juga lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan HTTP 1.0.

3. Cara Kerja Protokol HTTP
Cara kerja HTTP sendiri paa dasarnya cukup sederhana. Ketika user ingin masuk ke dalam sebuah situs melalui client internet server, seperti web browser, maka HTTP pun mulai bekerja.

HTTP akan mengkoneksikan client (proses request) dengan menghubungkannya denan WWW dan juga sumber daya yang kita kenal dengan nama URL atau Uniform Resources Locator. Dengan demikian, HTTp akan mask ke dalam lapisan protocol menggunakan TCP/IP (yang banyak digunakan secara umum dalam koneksi internet), untuk kemudian menyajikan kembali data yang sudah diperoleh ke dalam internet client yang digunakan (web browser).

Dengan demikian, user pun bisa menikmati situs situs internet yang sudah mereka request dengan menggunakan layer aplikasi HTTP ini, karena dengna menggunakan protocol aplikasi HTTP ini, user dapat berfungsi sebagai perequest dan juga penerima dari ebuah situs internet.

HTTP juga menggunakan istilah yang dikenal dengan nama session pada HTTP. Session atau sesi pada HTTP ini merupakan sebuah urutan dari transaksi permintaan yang dilakukan oleh user terhadap jaringan dengan menggunakan protocol HTTP. Dalam satu sesi ini, terjadi bberapa proses utama, yang dimulai dari :

Klien (web browser dan juga user) meminta atau merequest permintaan dalam sebuah situs web. Kemudian, dengan menggunakan HTTP, klien akan membuka koneksi terhadap TCP ke dalam port yang terdapat sebuah host. (pada umumnya, port yang digunakan dalam melakukan koneksi ini adalah port 80 atau port 8080).

Setelah masuk ke dalam port 80 atau port 8080, maka server akan menerima reuest tersebut, dan akan mendengarkan permintaan dari klien. Setelah permintaan klien berhasil didengar, server kemudian akan memberikan respon sesuai dengan kondisi status yang dihadapi, seperti OK, pesan kesalahan, serta berbagai macam informasi lainnya

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)
Berdasarkan?data SSL Labs, pada bulan Februari 2018, terdapat 65.5% website populer yang telah menggunakan HTTPS dari total 135.004 website.

Hypertext Transfer Protocol Secure?(HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan(secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa.

HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan https://.

Nah dalam mengelola website, ada baiknya kalau kita menggunakan protokol HTTPS karena memiliki banyak kelebihan. Terlebih lagi Google sangat memprioritaskan perengkingan hasil pencarian jika menggunakan HTTPS.

Keuntungan Menggunakan HTTPS?
Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Bagaimana bisa? Ilustrasi singkat berikut akan menjawabnya: Ketika Anda mengakses sebuah web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan pada Anda telah dienkripsi dulu oleh protokol ini.

Dan semua informasi yang Anda kirimkan ke server (registrasi, identitas, nomor pin, transfer pembayaran) akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yg bisa mencuri dengar (eavesdropping) data-data Anda ketika proses transaksi sedang berlangsung. Maka transaksi data Anda menjadi lebih safe.

Protokol HTTPS bisa anda temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah Anda membutuhkan sertifikat SSL.

Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitu memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.

Jika HTTPS Digunakan Pada Website, Apa Keuntungannya??
1. Meningkatkan SEO Website
Pada tahun 2014 lalu, google telah mengumumkan bahwa HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangking sebuah website. Meskipun demikian, rangking website Anda tidak akan berubah secara signifikan jika mengubah ke HTTPS.

Tapi hal tersebut adalah untuk efek jangka panjang mengenai user experience dan membangun kepercayaan pelanggan kedepannya. Sehingga untuk berpindah dari HTTP ke HTTPS adalah hal yang perlu dilakukan.

Mungkin Anda pernah melihat pesan ?not secure? ketika mengunjungi sebuah halaman pada website ketika akan login atau memasukkan data tertentu.

Biasanya apa yang akan Anda lakukan? Kemungkinan besar beralih ke website lainnya. Akibatnya pengunjung Anda akan berkurang, dan berakibat menurunnya rangking website Anda. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan dilakukan pengunjung website Anda ketika melihat pesan not secure di browser.

Beberapa browser saat ini akan menampilkan pesan tersebut. Seperti Google Chrome, mulai bulan?Januari 2017 untuk versi 56 ke atas akan menandai website yang masih menggunakan HTTP untuk mengirim password atau kartu kredit, sebagai website tidak aman. Dengan menggunakan HTTPS, website Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian Google.

2. Meningkatkan Kepercayaan
Saat ini pengguna internet memiliki hak privasi, terutama ketika mereka mengunjungi sebuah website. Dengan menggunakan HTTPS, data pengunjung akan lebih aman ketika mereka berinteraksi melalui website Anda, seperti menginputkan data berupa password atau lainnya.

Protokol HTTPS bisa anda temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah Anda membutuhkan sertifikat SSL.

Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitu memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.

Jika HTTPS Digunakan Pada Website, Apa Keuntungannya??
1. Meningkatkan SEO Website
Pada tahun 2014 lalu, google telah mengumumkan bahwa HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangking sebuah website. Meskipun demikian, rangking website Anda tidak akan berubah secara signifikan jika mengubah ke HTTPS.

Tapi hal tersebut adalah untuk efek jangka panjang mengenai user experience dan membangun kepercayaan pelanggan kedepannya. Sehingga untuk berpindah dari HTTP ke HTTPS adalah hal yang perlu dilakukan.

Mungkin Anda pernah melihat pesan ?not secure? ketika mengunjungi sebuah halaman pada website ketika akan login atau memasukkan data tertentu.

Biasanya apa yang akan Anda lakukan? Kemungkinan besar beralih ke website lainnya. Akibatnya pengunjung Anda akan berkurang, dan berakibat menurunnya rangking website Anda. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan dilakukan pengunjung website Anda ketika melihat pesan not secure di browser.

Beberapa browser saat ini akan menampilkan pesan tersebut. Seperti Google Chrome, mulai bulan?Januari 2017 untuk versi 56 ke atas akan menandai website yang masih menggunakan HTTP untuk mengirim password atau kartu kredit, sebagai website tidak aman. Dengan menggunakan HTTPS, website Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian Google.

2. Meningkatkan Kepercayaan
Saat ini pengguna internet memiliki hak privasi, terutama ketika mereka mengunjungi sebuah website. Dengan menggunakan HTTPS, data pengunjung akan lebih aman ketika mereka berinteraksi melalui website Anda, seperti menginputkan data berupa password atau lainnya.

- Advertisement -

Baca Juga :

- Advertisement -

Terpopuler

Karyawan Gojek Kena PHK 430 Orang dari 40000

Pemutusan Hubungan Kerja Terhdapat Karyawan diberikan kepada 430 Pekerja dari Manajemen.

Mandi Wajib yang Benar dalam Islam Niat dan Tata Caranya

Ulama Maliki mendefinisikan al-gashlu yang berarti mandi dengan menyampaikan air serta menggosokkannya ke seluruh badan dengan niat supaya boleh melakukan sholat.

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.

Klaim Temukan Daging Bertuliskan ‘Ilahi’ Saat Masak Rendang Denny Sumargo

Aktor Denny Sumargo menemukan potongan daging yang unik. Irisan daging sapi yang hendak ia masak memiliki guratan seperti tulisan Ilahi.

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Berita

Pesan UAS Untuk Umat Muslim Mengenai New Normal

Masyarakat Indonesia bersiap memulai tatanan kehidupan baru atau new normal. Masyarakat pun harus beradaptasi dengan berbagai hal di tengah pandemi Covid-19.

New Normal Adalah Penyesuaian dan Berinovasi Sesuai Keadaan : Aziz Syamsuddin

Langkah Pemerintah yang mempersiapkan penerapan The New Normal Life atau Pola Hidup Baru

Pria Simalungun yang Hina Nabi Muhammad di Tangkap dan tetapkan sebagai Tersangka

Polisi menetapkan pria asal Simalungun, Gernal Lundu Nainggolan, sebagai tersangka. Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah ditangkap karena diduga menghina Nabi Muhammad hingga Habib Bahar.

Minta Warga DKI Tak Gelar Takbir Keliling, Kapolda Metro: Sesuai Seruan MUI

Hal itu juga senada dengan imbauan Majelis Ulama Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Terjawab status Olivier Giroud setelah Habis Kontrak Dengan Chelsea

Status Olivier Ground berakhir pada bulan depan dan sempat terkabar isu bahwa striker berusia 33 tahun ini disandingkan dengan beberapa klub besar dari awal januari.

Inter Milan incar Timo Werner saat ingin Pindah ke Liverpool

Timo Werner kabarnya bakal direkrut Liverpool pada jendela transfer mendatang. Kini, ia malah disebut terbuka buat pindah ke Inter Milan.Nama Werner belakangan ini santer...

Dunia Olahraga

Rumor Transfer : Barca Tawarkan Umtiti-Semedo ke Tottenham demi Ndombele

Barcelona dikabarkan tertarik mendatangkan Tanguy Ndombele dari Tottenham Hotspur. Gelandang asal Prancis itu diharapkan menambah kemampuan duel lini tengah

Selain Samokhvalov,5 Pemain Muda yang Meninggal Akibat Serangan Jantung

Kabar duka datang dari sepak bola Rusia. Pada Selasa (21/4/2020), pemain Lokomotiv Moskow, Innokenty Samokhvalov meninggal dunia akibat serangan jantung.Samokhvalov meninggal di umur yang...

Demi Karyawan Klub, Pemain AS Roma Rela Tak Digaji Empat Bulan

Para pemain AS Roma berkenan tidak digaji selama 4 bulan di tengah wabah virus Corona

Arthur Melo Masih Bahagia di Barcelona Walaupun Tawaran yang Tinggi

Arthur Sering sandingkan dengan Inter beberapa hari ini. Gelandang Berasal dari Brasil itu sempat diisukan berpotensi jadi bagian dari kesepakatan transfer Lautaro Martinez

Mengenal Arti Filosofis Desain Jersey Baru Timnas Indonesia

Mills sebagai brand apparel PSSI telah meluncurkan jersey baru Timnas Indonesia. Baru seragam kandang saja yang dirilis pada, Jumat (18/4/2020).Jersey ini berwarna merah yang...

David Luiz Sempat Bertanya-tanya: Kok, Bisa Pindah ke Arsenal?

David Luiz menyadari kepindahannya ke Arsenal tidak gampang dari awal. Bek Brasil itu bahkan sempat bingung masalah keputusannya bergabung dengan The Gunners.Luiz bermigrasi ke...
- Advertisement -

Berita Terkait

Kesehatan

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.

Perlu Diketahui, Risiko Saat Menggunakan Pelampung Leher Bayi

perlengkapan berenang ini menyimpan efek samping yang harus diwaspadai. Yuk, ketahui fakta penggunaan pelampung leher bayi pada artikel berikut ini.

Menghilangkan Kuku Kuning dan Kenali Penyebabnya

Kuku Kuning dapat membuat kamu kurang Pede, Namun tahukah kamu kuku kuning Mungkin menjadi salah satu Tanda Penyakit Tertentu.

Pasien Corona di Riau Bertambah menjadi 71 Kasus, 2 Santri dari Magetan Positif

Jumlah terkonfirmasi virus Corona (COVID-19) di Riau terus bertambah menjadi 71 kasus. Penambahan berasal dari santri yang pulang dari Magetan, Jawa Timur.

Seputar Teknologi

Persija Luncurkan Aplikasi Virtual Hubungkan Pemain dan Penggemar

Persija Jakarta meluncurkan aplikasi berbasis teknologi augmented reality. The Jakmania nanti bisa berfoto berbentuk animasi 3D

Singapura Larang Guru Gunakan Zoom Setelah Insiden Serius

Kementerian Pendidikan Singapura pada Jumat telah menangguhkan penggunaan alat konferensi video Zoom oleh para guru. Kebijakan itu keluar setelah "insiden yang sangat serius" terjadi...

Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Dalam Dunia Internet

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Secara ringkas, perbedaan HTTP dan HTTPS adalah keamanan. Perbedaan HTTP maupun HTTPS nampak bagi anda yang sudah sering melakukan...

Cukup Pakai Udara bisa Charger HP Masa Depan

Di masa depan, kamu tidak perlu ribet cari listrik untuk men-charge ponsel. Cukup dari udara bisa jadi listrik untuk mengisi baterai ponsel. Wow!Itulah alat...
- Advertisement -

Dapur Nenek

Klaim Temukan Daging Bertuliskan ‘Ilahi’ Saat Masak Rendang Denny Sumargo

Aktor Denny Sumargo menemukan potongan daging yang unik. Irisan daging sapi yang hendak ia masak memiliki guratan seperti tulisan Ilahi.

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Berita Terkini

Mandi Wajib yang Benar dalam Islam Niat dan Tata Caranya

Ulama Maliki mendefinisikan al-gashlu yang berarti mandi dengan menyampaikan air serta menggosokkannya ke seluruh badan dengan niat supaya boleh melakukan sholat.

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.

Klaim Temukan Daging Bertuliskan ‘Ilahi’ Saat Masak Rendang Denny Sumargo

Aktor Denny Sumargo menemukan potongan daging yang unik. Irisan daging sapi yang hendak ia masak memiliki guratan seperti tulisan Ilahi.

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Karyawan Gojek Kena PHK 430 Orang dari 40000

Pemutusan Hubungan Kerja Terhdapat Karyawan diberikan kepada 430 Pekerja dari Manajemen.

Mandi Wajib yang Benar dalam Islam Niat dan Tata Caranya

Ulama Maliki mendefinisikan al-gashlu yang berarti mandi dengan menyampaikan air serta menggosokkannya ke seluruh badan dengan niat supaya boleh melakukan sholat.

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.
- Advertisement -