NEWS

Viral Jenazah Pasien PDP Covid-19 di Kendari Jadi Kerumunan, Puluhan Pelayat Diisolasi

Pasien Dalam Pengawasan Covid -19 yang meninggal pada Senin (23/3/2020) di RSUD Bahteramas Kendari, Sulawesi Tenggara mendadak viral di media sosial. Pasalnya, jenazah yang sudah dibungkus plastik kedap malah dibuka keluarga.

Dari video amatir yang diterima iNews, jenazah pasien PDP Covid -19 tiba di rumah duka di Kabupaten Kolaka. Jenazah diangkut pihak keluarga dengan mobil pribadi dari RSUD Bahteramas Kendari.

Sejumlah pelayat dan keluarga membuka plastik kedap yang telah dibungkus oleh pihak rumah sakit sebagai prosedur penanganan jenazah terinfeksi Covid-19. Pasien dirawat selama tiga hari karena mengalami gejala batuk, sesak nafas mirip Covid–19.

Kejadian ini sontak mendapat respon pihak medis, salah satunya dokter forensik Polda Sulawesi Tenggara Kompol Mauludin. Dia meminta warga atau sudara dapat menahan diri dan mematuhi peraturan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid–19.

“Tolong hal-hal tersebut (membuka jenazah pasien PDP) dihindari. Ini pembelajaran ke depan kita hindari,” kata Mauludin, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, meskipun jenazah masih berstatus PDP harus langsung dimakamkan untuk menghindari penularan Covid–19. Saat ini hasil swab jenazah belum diketahui dan masih menunggu dari Balitbangkes Kemenkes.

“Semoga hasilnya jenazah negatif Covid-19,” ujarnya.

Saat ini warga dan keluarga yang datang melayat didata dan akan dikarantina selama 14 hari.

https://regional.inews.id/berita/viral-jenazah-pasien-pdp-covid-19-di-kendari-jadi-kerumunan-puluhan-pelayat-diisolasi

Most Popular

Akan Ada Kegaduhan di Liverpool Jika Liga Inggris Musim Ini Dibatalkan

Karena krisis virus corona, Liverpool terancam gagal juara. Eks pemain top Paul Ince mengkhawatirkan akan ada kegaduhan jika Liga Inggris musim ini dibatalkan.Liverpool hampir...

Jokowi Naikkan Insentif Kartu Pra Kerja, Semula Rp 650 Ribu Jadi Rp 1 Juta

Kartu Pra Kerja menjadi salah satu cara pemerintah mengurangi dampak virus corona terhadap perekonomian dalam negeri.Presiden Joko Widodo pun menaikkan besaran insentif tunai yang...

Benarkah Vaksin Flu Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona?

Persediaan vaksin flu di Indonesia kini telah menipis karena banyak masyarakat yang percaya bahwa pemberian vaksin ini dapat mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19....

Gunung Merapi Kembali Meletus dengan Kolom Setinggi 5.000 Meter

Gunung Merapi kembali meletus dan mengeluarkan awan panas. Letusan gunung kali ini terjadi pada Jumat (27/3/2020) sekitar 10.56 WIB.Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan...