5 Cara Efektif agar Tidak Tertular Virus Corona

Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

- Advertisement -

Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

- Advertisement -

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya adalah dengan menerapkan social distancing.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona, di antaranya:

1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

- Advertisement -

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

2. Menggunakan masker

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

- Advertisement -

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Agar tidak tertular virus ini, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah tanyakan ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Anda juga bisa mencoba mendeteksi risiko Anda terkena virus Corona dengan klik gambar di bawah ini.

https://corona.alodokter.com/cek-risiko-tertular-virus-corona-gratis

- Advertisement -
- Advertisement -

Baca Juga :

Berita Terkait

Kesehatan

Perlu Diketahui, Risiko Saat Menggunakan Pelampung Leher Bayi

perlengkapan berenang ini menyimpan efek samping yang harus diwaspadai. Yuk, ketahui fakta penggunaan pelampung leher bayi pada artikel berikut ini.

Menghilangkan Kuku Kuning dan Kenali Penyebabnya

Kuku Kuning dapat membuat kamu kurang Pede, Namun tahukah kamu kuku kuning Mungkin menjadi salah satu Tanda Penyakit Tertentu.

Pasien Corona di Riau Bertambah menjadi 71 Kasus, 2 Santri dari Magetan Positif

Jumlah terkonfirmasi virus Corona (COVID-19) di Riau terus bertambah menjadi 71 kasus. Penambahan berasal dari santri yang pulang dari Magetan, Jawa Timur.

Berhasil Pada Kera Vaksi Corona Tinggal Setahap lagi Untuk Manusia.

Dikabarkan para Ilmuan dari Universitas Oxford, Inggirs Menyatakan bawahsanya mereka selangkah lebih dekat dengan Pengembangan Vaksin Covid-19 Untuk Manusia.

Seputar Teknologi

Persija Luncurkan Aplikasi Virtual Hubungkan Pemain dan Penggemar

Persija Jakarta meluncurkan aplikasi berbasis teknologi augmented reality. The Jakmania nanti bisa berfoto berbentuk animasi 3D

Singapura Larang Guru Gunakan Zoom Setelah Insiden Serius

Kementerian Pendidikan Singapura pada Jumat telah menangguhkan penggunaan alat konferensi video Zoom oleh para guru. Kebijakan itu keluar setelah "insiden yang sangat serius" terjadi...

Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Dalam Dunia Internet

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Secara ringkas, perbedaan HTTP dan HTTPS adalah keamanan. Perbedaan HTTP maupun HTTPS nampak bagi anda yang sudah sering melakukan...

Cukup Pakai Udara bisa Charger HP Masa Depan

Di masa depan, kamu tidak perlu ribet cari listrik untuk men-charge ponsel. Cukup dari udara bisa jadi listrik untuk mengisi baterai ponsel. Wow!Itulah alat...

Dapur Nenek

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Mengenal 5 Aneka Ragam Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara

Ada banyak tradisi dan hidangan lezat yang tersaji ketika Ramadan. Setiap negara memiliki hidangan buka puasa yang beraneka ragam.
- Advertisement -

Berita Terkini

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Pesan UAS Untuk Umat Muslim Mengenai New Normal

Masyarakat Indonesia bersiap memulai tatanan kehidupan baru atau new normal. Masyarakat pun harus beradaptasi dengan berbagai hal di tengah pandemi Covid-19.

New Normal Adalah Penyesuaian dan Berinovasi Sesuai Keadaan : Aziz Syamsuddin

Langkah Pemerintah yang mempersiapkan penerapan The New Normal Life atau Pola Hidup Baru

Terpopuler

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Pesan UAS Untuk Umat Muslim Mengenai New Normal

Masyarakat Indonesia bersiap memulai tatanan kehidupan baru atau new normal. Masyarakat pun harus beradaptasi dengan berbagai hal di tengah pandemi Covid-19.

New Normal Adalah Penyesuaian dan Berinovasi Sesuai Keadaan : Aziz Syamsuddin

Langkah Pemerintah yang mempersiapkan penerapan The New Normal Life atau Pola Hidup Baru

Cardi B Deletes Instagram After Social Media Backlash Over Her Historic Grammys Win

 The main thing that you have to remember on this journey is just be nice to everyone and always smile. Refreshingly,...

Offset Shares a Video of Cardi B Giving Birth to Baby Kulture

 The main thing that you have to remember on this journey is just be nice to everyone and always smile. Refreshingly,...

Berita

New Normal Adalah Penyesuaian dan Berinovasi Sesuai Keadaan : Aziz Syamsuddin

Langkah Pemerintah yang mempersiapkan penerapan The New Normal Life atau Pola Hidup Baru

Pria Simalungun yang Hina Nabi Muhammad di Tangkap dan tetapkan sebagai Tersangka

Polisi menetapkan pria asal Simalungun, Gernal Lundu Nainggolan, sebagai tersangka. Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah ditangkap karena diduga menghina Nabi Muhammad hingga Habib Bahar.

Minta Warga DKI Tak Gelar Takbir Keliling, Kapolda Metro: Sesuai Seruan MUI

Hal itu juga senada dengan imbauan Majelis Ulama Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Terjawab status Olivier Giroud setelah Habis Kontrak Dengan Chelsea

Status Olivier Ground berakhir pada bulan depan dan sempat terkabar isu bahwa striker berusia 33 tahun ini disandingkan dengan beberapa klub besar dari awal januari.

Inter Milan incar Timo Werner saat ingin Pindah ke Liverpool

Timo Werner kabarnya bakal direkrut Liverpool pada jendela transfer mendatang. Kini, ia malah disebut terbuka buat pindah ke Inter Milan.Nama Werner belakangan ini santer...

Viral! Pasien Corona Di Indonesia Ogah Dijemput Naik Ambulans, Pilih Naik Motor Sendiri

seorang warga Garut yang reaktif terinfeksi Pasien Corona enggan dievakuasi menggunakan ambulans. Ia memilih naik sepeda motor sendiri

Dunia Olahraga

Rumor Transfer : Barca Tawarkan Umtiti-Semedo ke Tottenham demi Ndombele

Barcelona dikabarkan tertarik mendatangkan Tanguy Ndombele dari Tottenham Hotspur. Gelandang asal Prancis itu diharapkan menambah kemampuan duel lini tengah

Selain Samokhvalov,5 Pemain Muda yang Meninggal Akibat Serangan Jantung

Kabar duka datang dari sepak bola Rusia. Pada Selasa (21/4/2020), pemain Lokomotiv Moskow, Innokenty Samokhvalov meninggal dunia akibat serangan jantung.Samokhvalov meninggal di umur yang...

Demi Karyawan Klub, Pemain AS Roma Rela Tak Digaji Empat Bulan

Para pemain AS Roma berkenan tidak digaji selama 4 bulan di tengah wabah virus Corona

Arthur Melo Masih Bahagia di Barcelona Walaupun Tawaran yang Tinggi

Arthur Sering sandingkan dengan Inter beberapa hari ini. Gelandang Berasal dari Brasil itu sempat diisukan berpotensi jadi bagian dari kesepakatan transfer Lautaro Martinez

Mengenal Arti Filosofis Desain Jersey Baru Timnas Indonesia

Mills sebagai brand apparel PSSI telah meluncurkan jersey baru Timnas Indonesia. Baru seragam kandang saja yang dirilis pada, Jumat (18/4/2020).Jersey ini berwarna merah yang...

David Luiz Sempat Bertanya-tanya: Kok, Bisa Pindah ke Arsenal?

David Luiz menyadari kepindahannya ke Arsenal tidak gampang dari awal. Bek Brasil itu bahkan sempat bingung masalah keputusannya bergabung dengan The Gunners.Luiz bermigrasi ke...
- Advertisement -

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!