Benarkah Vaksin Flu Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona?

Persediaan vaksin flu di Indonesia kini telah menipis karena banyak masyarakat yang percaya bahwa pemberian vaksin ini dapat mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Pertanyaannya, benarkah vaksin flu bisa mencegah serangan virus Corona? Agar Anda tak keliru, simak artikel berikut ini.

Secara sekilas, gejala infeksi virus Corona tampak mirip dengan gejala penyakit flu. Namun, bukan berarti pemberian vaksin flu juga efektif untuk mencegah virus Corona. Pasalnya, kedua penyakit ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda sehingga membutuhkan vaksin yang berbeda pula untuk mencegahnya.

Benarkah Vaksin Flu Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona? – Alodokter

Manfaat Pemberian Vaksin Flu untuk Virus Corona
Vaksin flu dirancang untuk menurunkan risiko infeksi virus penyebab flu musiman, bukan untuk infeksi virus Corona atau COVID-19. Walaupun begitu, setidaknya pemberian vaksin ini mampu mengurangi risiko terjadinya gejala infeksi virus Corona yang parah. Mengapa bisa demikian?

Gejala yang disebabkan oleh virus Corona bisa bervariasi dari ringan hingga parah dan menyebabkan kematian. Semakin lemah daya tubuh seseorang, semakin besar kemungkinan gejala COVID-19 menjadi parah.

Jika seseorang menderita flu, daya tahan tubuhnya akan lebih lemah dibandingkan ketika ia dalam kondisi sehat. Bila pada saat yang sama orang tersebut terinfeksi virus Corona, kemampuan tubuhnya untuk menghalau virus ini menjadi berkurang dan infeksi bisa berkembang menjadi parah.

Jadi, vaksin flu boleh saja diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak, tetapi yang perlu diingat, vaksin ini tidak bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona. Langkah-langkah pencegahan COVID-19 yang dianjurkan oleh pemerintah Indonesia maupun oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih efektif untuk melindungi Anda dari virus Corona ketimbang pemberian vaksin flu.

Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona
Hingga saat ini, vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona belum ada. Para peneliti masih berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin tersebut agar pandemi COVID-19 bisa segera teratasi.

Karena vaksin COVID-19 masih belum tersedia, Anda perlu untuk melindungi diri dengan baik agar terhindar dari infeksi virus ini. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makanan sehat, seperti sayur, buah, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, serta menjauhi asap rokok dan minuman beralkohol. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral sesuai anjuran dokter, terutama bila asupan nutrisi dari makanan saja tidak cukup.

2. Mencuci tangan dengan benar
Mencuci tangan dengan benar merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

Jika Anda sedang dalam perjalanan dan sulit untuk menemukan air dan sabun, bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membasmi kuman.

3. Menjaga jarak dengan orang lain
Anda juga disarankan untuk melakukan social distancing dengan cara menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh 1 meter. Selain itu, sebisa mungkin hindari kerumunan orang dan kurangi bepergian ke luar rumah bila tidak terlalu penting. Tindakan ini dapat mencegah penyebaran COVID-19.

4. Menggunakan masker saat sakit
Bila Anda sedang sakit, gunakanlah masker. Penggunaan masker mampu menghalangi penularan virus Corona dari orang ke orang. Pasalnya, seseorang yang telah terinfeksi virus Corona bisa menularkan virus ini ke orang lain melalui percikan air liur saat batuk ataupun bersin.

Pemberian vaksin flu untuk virus Corona tidaklah efektif. Mengingat belum ditemukannya vaksin virus Corona, Anda disarankan untuk terus melakukan langkah-langkah pencegahan di atas. Bila Anda sakit, hindari berpergian keluar rumah kecuali untuk memeriksakan diri ke dokter.

Most Popular

BMKG Peringatan Dini Cuaca Besok, 25 Maret 2020: 17 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi mulai besok Rabu (25/3/2020). Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir pada...

Update Data Corona: Meningggal 38 Orang, Sembuh 20 Orang

Pemerintah mengatakan ada penambahan pasien meninggal akibat virus Corona (COVID-19). Hingga hari ini, jumlah warga yang meninggal total menjadi 38 orang. "Ada penambahan kematian 6,...

Tak Bisa Tunggu Herd Immunity untuk Hambat Virus Corona, Ini Alasannya

Di tengah pandemi virus corona COVID-19 ini, sempat ramai anggapan bahwa 'Herd Immunity' bisa memperlambat penularan pandemi corona. Hal ini tentunya menjadi suatu harapan bagi...

Corona Virus Covid-19: Eks Bintang MU Sediakan Kamar Apartemen Gratis untuk Tim Medis

Mantan penyerang Manchester United (MU) yang kini membela Crystal Palace, Wilfried Zaha berniat memberikan bantuan kepada tim medis yang berjuang melawan virus corona covid-19. Zaha...