Inilah Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Salah satu kebiasaan setelah bangun tidur yang banyak dianjurkan adalah minum air putih. Alasannya adalah karena kebiasaan sederhana ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat minum air putih setelah bangun tidur? Simak penjelasan berikut ini.

Air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh Anda. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Salah satu waktu yang sangat baik untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur.

Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kita perlu minum air putih yang cukup agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang minum air putih.

Penyebab yang paling umum adalah lupa, karena tidak terbiasa, atau terlalu sibuk. Nah, dengan membiasakan minum air putih saat bangun tidur, Anda jadi tidak akan lupa lagi untuk minum di pagi hari.

Selain itu, masih ada banyak manfaat minum air putih setelah bangun tidur bagi kesehatan Anda, di antaranya:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.

3. Mengendalikan keinginan makan
Setelah bangun tidur, Anda mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung Anda berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar ini dapat mendorong Anda untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Nah, konsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu Anda mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

4. Meningkatkan produktivitas
Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif. Namun ingat, Anda juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerja Anda juga akan meningkat.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Jenis-Jenis Air Putih
Agar manfaat minum air putih setelah bangun tidur dapat diperoleh secara maksimal, Anda perlu mengetahui dulu jenis-jenis air minum yang tersedia di pasaran dan perbedaannya:

Air mineral, yaitu air yang didapat dari sumber mata air pegunungan, sehingga kaya akan mineral. Kandungan mineral di dalam air bermanfaat untuk kesehatan, seperti membantu metabolism tubuh, mendukung fungsi ginjal, dan membantu pembentukan sel dan enzim. Air mineral memiliki pH antara 6 – 8,5.

Air demineral, yaitu air yang hampir tidak mengandung mineral karena sudah berkali-kali melewati proses Air putih jenis ini biasanya memiliki pH antara 5 – 7,5.

Air alkali, yaitu jenis air yang telah melalui proses ionisasi atau elektrolisis dan biasanya mengandung pH yang lebih tinggi (8,5 – 9,97).

Minum air mineral secara teratur akan membantu kecukupan mineral dalam tubuh. Untuk itu, pilihlah air mineral yang baik. Salah satunya dengan melihat pemilihan sumber airnya. Air mineral yang berasal dari pegunungan dan terjaga ekosistem alaminya merupakan pilihan yang baik, karena memiliki kandungan mineral alami.

Most Popular

Kasihan, Karyawan Katering Dirumahkan Imbas Corona

Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Diana Dewi mengungkapkan bahwa karyawan katering mulai dirumahkan imbas ditundanya pernikahan atau resepsi pernikahan.Karyawan yang dipulangkan khususnya...

Update Corona Indonesia 27 Maret: 1.046 Positif, 46 Sembuh, 87 Meninggal

Jumlah kasus positif virus corona COVID-19 kembali bertambah. Hingga Jumat (27/3/2020) tercatat 1.046 kasus positif, 46 sembuh, dan 87 meninggal."Ini menunjukkan masih ada penularan...

Jokowi Naikkan Insentif Kartu Pra Kerja, Semula Rp 650 Ribu Jadi Rp 1 Juta

Kartu Pra Kerja menjadi salah satu cara pemerintah mengurangi dampak virus corona terhadap perekonomian dalam negeri.Presiden Joko Widodo pun menaikkan besaran insentif tunai yang...

Cegah Virus Corona, Berikut Cara Penggunaan Disinfektan

Kasus positif penyakit Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Per Jumat (27/3/2020), pemerintah melaporkan 1.046 kasus positif terinfeksi Covid-19.Dari angka tersebut sebanyak 87 orang...