- Advertisement -

Heboh,Tagihan Listrik Bengkak !!!

- Advertisement -

PLN memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak naik, termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya.

Seperti diketahui penetapan tarif dilakukan 3 bulan sekali oleh pemerintah. Untuk tarif April hingga saat ini dinyatakan tetap, yakni sama dengan periode 3 bulan sebelumnya.

“Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan,” tutur Executive Vice President Corporate Communcation and CSR, I Made Suprateka.

PLN menyebut peningkatan tagihan rekening listrik pada pelanggan rumah tangga lebih disebabkan oleh meningkatnya penggunaan masyarakat akibat adanya pandemi virus corona yang membuat masyarakat banyak melakukan aktifitas di rumah.

- Advertisement -

Sayangnya, evaluasi 3 bulanan itu tak mendapat sambutan hangat masyarakat. Banyak yang merasa pemakaian listrik mereka tidak meningkat namun tarif listriknya melonjak berkali-kali lipat dari sebelum adanya pandemi Corona.

Setidaknya keluhan semacam itu dapat dilihat di kolom komentar salah satu artikel berita detikcom yang berjudul Hasil Evaluasi 3 Bulanan: Tarif Listrik Tidak Naik!. Di sana mayoritas pembaca mengeluhkan hal serupa.

“PLN gak jelas banget. Kami selama ini gak ad tuh yg kerja diluar, pemakaian listrik seperti biasa. Tp wfh 2 bulan ini bayar listrik melejit Naik 200rban Anda sehat? Kita lg susah jg pak bos, jgn seenakny naikin tarif Mohon penjelasannya,” tulis salah satu pembaca detikcom dikutip Selasa (5/5/2020).

Hal serupa juga dikeluhkan pembaca lainnya. Tagihan listrik yang harus dibayar pembaca satu ini sejak ada Corona bisa sampai Rp 500 ribu/bulan, padahal menurutnya pemakaian listriknya normal-normal saja sama dengan sebelum Corona.

“Hadeehhh PLN gmana sih?? Tagihan semahal2nya cm 350rb, masa bulan ini bisa 500rban..wfh apa nggak, pemakaiannya normal!!” keluhnya.

- Advertisement -

Ada pula yang beranggapan bahwa kenaikan tarif listrik terjadi karena pihak perseroaan sengaja membebankan kenaikan tarif listrik diam-diam untuk menutupi kerugiaan PLN sebab adanya insentif tarif listrik kepada pelanggan subsidi.

“PLN parah … dirumah gw tagihan listrik malah naik padahal pemakai an sblm pandemi dan di saat pandemi sama, apa mungkin biaya listrik pelangan subsidi yg digratiskan slama 3 bln itu dibebankan ke pelangan yg non subsidi ??,” imbuhnya.

- Advertisement -

Keluhan-keluhan senada juga ternyata banyak berseliweran di media sosial. Salah satunya bisa dijumpai di akun Instagram @lambe_turah dalam unggapahan screenshot komentar netizen yang mengeluhkan tarif listrik.

Dalam unggahan tersebut bahkan ada yang berkomentar rumahnya tak ditempati selama sebulan dan tentunya kondisi listrik tidak menyala. Akan tetapi, netizen tersebut kecewa saat menerima tagihan listrik yang jumlahnya sama seperti saat rumah itu ditempati.

“Aneh, rumah ga ada yg nempatin, listrik tetap, subsidi silang aja bilang, kok pemerintah yang gratisin, dzolim bener,” timpalnya.

Ada juga netizen yang sampai harus membayar tagihan listrik hingga Rp 2 juta/bulan. Padahal, menurutnya pemakaian listrik masih sama seperti sebelumnya.

“Tagihan sebulan paling mahal biasanya 1 jt. Bulan ini jd 2 jt. Pdhl pemakaian listrik ga ada bedanya, toh enggak wfh dan anak masih playgroup jadi sekolah bentar doang, lebih banyak di rumah. Perlu diaudit nih kayaknya. Kalau emang ga curang harusnya berani klarifikasi,” ucapnya.

Keluhan-keluhan semacam ini juga banyak ditemui di akun Instagram milik PLN itu sendiri @pln_id. Di sana, banyak netizen yang mengeluh kenaikan listriknya tidak masuk di akal, atau terlampau tinggi sampai berkali-kali lipat dari normalnya.

“Sakit jiwa lu yee, pegawai2 lu gk mau ngecek meteran apa? Takut ama corona? akibatnya kita jadi bayar 2x lipat lah… saya sudah cek smart meter saya, saya telepon petugas PLN untuk membandingkan dengan yang bulan lalu… dan hasilnya sama!! aturan saya bayar 1,5 juta seperti bulan lalu, tapi malah 3 juta… ya elah pegawai lu udah digaji mahal2 tapi gk mau cek meteran? otaknya di mana… rugiin pelanggan saja,” keluhnya.

“Tp kenaikannya ga masuk di akal smpe 250 ribu. Pemakaian biasa aja gak ada wfh. Ini kenapa?” timpal yang lain.

Meski demikian, masih ada pembaca yang menilai kenaikan tarif listrik yang dirasakan banyak masyarakat saat ini sebagai hal yang lumrah. Baik di akun Instagram @lambe_turah maupun @pln_id. Mereka-meraka ini paham bahwa kenaikan tagihan listrik terjadi karena penggunaannya sendiri yang juga meningkat dari sebelumnya.

“yajelas lah naik. KALIAN KAN DI RUMAH AJA!!!! gmn gak naik!!! ahhh,” tutur netizen @lambe_turah.

“Ada kemungkinan karena di rumah aja. Coba check penggunaan AC, apakah hampir seharian? TV, microwave dll. Tagihan gw seperti bulan-bulan sebelumnya,” timpal netizen @lambe_turah yang lain.

Bahkan, pelanggan PLN lainnya mengaku tagihan listriknya turun sedikit dari biasanya.

“Knp banyak yg komen tarif listrik naek yaa?? Gwa listrik pascabayar 3500VA ga naek tuh, malah turun 50k untuk bulan Mei,” tulis netizen @pln-id.

Nah, buat detikers yang merasa tagihan listriknya jauh berbeda saat masa pandemi ini bisa kirim ceritanya kepada kami. Lampirkan juga perbandingan tagihan bulan sebelumnya dan bulan terakhir agar ada gambaran.

Emailnya bisa dikirim ke [email protected] dengan subject: “Tagihan Listrik Naik”. Sertakan juga nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

sumber :  https://finance.detik.com/energi/d-5002448/heboh-tagihan-listrik-bengkak/

- Advertisement -

Baca Juga :

- Advertisement -

Terpopuler

Karyawan Gojek Kena PHK 430 Orang dari 40000

Pemutusan Hubungan Kerja Terhdapat Karyawan diberikan kepada 430 Pekerja dari Manajemen.

Mandi Wajib yang Benar dalam Islam Niat dan Tata Caranya

Ulama Maliki mendefinisikan al-gashlu yang berarti mandi dengan menyampaikan air serta menggosokkannya ke seluruh badan dengan niat supaya boleh melakukan sholat.

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.

Klaim Temukan Daging Bertuliskan ‘Ilahi’ Saat Masak Rendang Denny Sumargo

Aktor Denny Sumargo menemukan potongan daging yang unik. Irisan daging sapi yang hendak ia masak memiliki guratan seperti tulisan Ilahi.

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Berita

Pesan UAS Untuk Umat Muslim Mengenai New Normal

Masyarakat Indonesia bersiap memulai tatanan kehidupan baru atau new normal. Masyarakat pun harus beradaptasi dengan berbagai hal di tengah pandemi Covid-19.

New Normal Adalah Penyesuaian dan Berinovasi Sesuai Keadaan : Aziz Syamsuddin

Langkah Pemerintah yang mempersiapkan penerapan The New Normal Life atau Pola Hidup Baru

Pria Simalungun yang Hina Nabi Muhammad di Tangkap dan tetapkan sebagai Tersangka

Polisi menetapkan pria asal Simalungun, Gernal Lundu Nainggolan, sebagai tersangka. Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah ditangkap karena diduga menghina Nabi Muhammad hingga Habib Bahar.

Minta Warga DKI Tak Gelar Takbir Keliling, Kapolda Metro: Sesuai Seruan MUI

Hal itu juga senada dengan imbauan Majelis Ulama Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Terjawab status Olivier Giroud setelah Habis Kontrak Dengan Chelsea

Status Olivier Ground berakhir pada bulan depan dan sempat terkabar isu bahwa striker berusia 33 tahun ini disandingkan dengan beberapa klub besar dari awal januari.

Inter Milan incar Timo Werner saat ingin Pindah ke Liverpool

Timo Werner kabarnya bakal direkrut Liverpool pada jendela transfer mendatang. Kini, ia malah disebut terbuka buat pindah ke Inter Milan.Nama Werner belakangan ini santer...

Dunia Olahraga

Rumor Transfer : Barca Tawarkan Umtiti-Semedo ke Tottenham demi Ndombele

Barcelona dikabarkan tertarik mendatangkan Tanguy Ndombele dari Tottenham Hotspur. Gelandang asal Prancis itu diharapkan menambah kemampuan duel lini tengah

Selain Samokhvalov,5 Pemain Muda yang Meninggal Akibat Serangan Jantung

Kabar duka datang dari sepak bola Rusia. Pada Selasa (21/4/2020), pemain Lokomotiv Moskow, Innokenty Samokhvalov meninggal dunia akibat serangan jantung.Samokhvalov meninggal di umur yang...

Demi Karyawan Klub, Pemain AS Roma Rela Tak Digaji Empat Bulan

Para pemain AS Roma berkenan tidak digaji selama 4 bulan di tengah wabah virus Corona

Arthur Melo Masih Bahagia di Barcelona Walaupun Tawaran yang Tinggi

Arthur Sering sandingkan dengan Inter beberapa hari ini. Gelandang Berasal dari Brasil itu sempat diisukan berpotensi jadi bagian dari kesepakatan transfer Lautaro Martinez

Mengenal Arti Filosofis Desain Jersey Baru Timnas Indonesia

Mills sebagai brand apparel PSSI telah meluncurkan jersey baru Timnas Indonesia. Baru seragam kandang saja yang dirilis pada, Jumat (18/4/2020).Jersey ini berwarna merah yang...

David Luiz Sempat Bertanya-tanya: Kok, Bisa Pindah ke Arsenal?

David Luiz menyadari kepindahannya ke Arsenal tidak gampang dari awal. Bek Brasil itu bahkan sempat bingung masalah keputusannya bergabung dengan The Gunners.Luiz bermigrasi ke...
- Advertisement -

Berita Terkait

Kesehatan

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.

Perlu Diketahui, Risiko Saat Menggunakan Pelampung Leher Bayi

perlengkapan berenang ini menyimpan efek samping yang harus diwaspadai. Yuk, ketahui fakta penggunaan pelampung leher bayi pada artikel berikut ini.

Menghilangkan Kuku Kuning dan Kenali Penyebabnya

Kuku Kuning dapat membuat kamu kurang Pede, Namun tahukah kamu kuku kuning Mungkin menjadi salah satu Tanda Penyakit Tertentu.

Pasien Corona di Riau Bertambah menjadi 71 Kasus, 2 Santri dari Magetan Positif

Jumlah terkonfirmasi virus Corona (COVID-19) di Riau terus bertambah menjadi 71 kasus. Penambahan berasal dari santri yang pulang dari Magetan, Jawa Timur.

Seputar Teknologi

Persija Luncurkan Aplikasi Virtual Hubungkan Pemain dan Penggemar

Persija Jakarta meluncurkan aplikasi berbasis teknologi augmented reality. The Jakmania nanti bisa berfoto berbentuk animasi 3D

Singapura Larang Guru Gunakan Zoom Setelah Insiden Serius

Kementerian Pendidikan Singapura pada Jumat telah menangguhkan penggunaan alat konferensi video Zoom oleh para guru. Kebijakan itu keluar setelah "insiden yang sangat serius" terjadi...

Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Dalam Dunia Internet

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS? Secara ringkas, perbedaan HTTP dan HTTPS adalah keamanan. Perbedaan HTTP maupun HTTPS nampak bagi anda yang sudah sering melakukan...

Cukup Pakai Udara bisa Charger HP Masa Depan

Di masa depan, kamu tidak perlu ribet cari listrik untuk men-charge ponsel. Cukup dari udara bisa jadi listrik untuk mengisi baterai ponsel. Wow!Itulah alat...
- Advertisement -

Dapur Nenek

Klaim Temukan Daging Bertuliskan ‘Ilahi’ Saat Masak Rendang Denny Sumargo

Aktor Denny Sumargo menemukan potongan daging yang unik. Irisan daging sapi yang hendak ia masak memiliki guratan seperti tulisan Ilahi.

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Soto Medan Resep yang Gurih Mantap

Kangen soto yang gurih harum dari Medan? Buat saja sendiri. Isiannya bisa udang, ayam atau daging. Sajikan saat panas mengepul dengan pelengkapnya.

Resep Membuat Kimchi Pancake yang Gurih Pedas

kimchi pancake adalah varian pancake gurih khas Korea. Rasanya gurih renyah di bagian luar dan pedas-pedas enak rasanya. Bikin yuk!

Berita Terkini

Mandi Wajib yang Benar dalam Islam Niat dan Tata Caranya

Ulama Maliki mendefinisikan al-gashlu yang berarti mandi dengan menyampaikan air serta menggosokkannya ke seluruh badan dengan niat supaya boleh melakukan sholat.

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.

Klaim Temukan Daging Bertuliskan ‘Ilahi’ Saat Masak Rendang Denny Sumargo

Aktor Denny Sumargo menemukan potongan daging yang unik. Irisan daging sapi yang hendak ia masak memiliki guratan seperti tulisan Ilahi.

5 Makanan Aneh dan Populer di India

India memiliki keberagaman kuliner yang cukup luas. Banyak makanan di India yang diolah dari berbagai bahan sayuran hingga daging. Di antaranya ada juga beberapa makanan khas India yang dianggap aneh dan ekstrem oleh para turis.

Karyawan Gojek Kena PHK 430 Orang dari 40000

Pemutusan Hubungan Kerja Terhdapat Karyawan diberikan kepada 430 Pekerja dari Manajemen.

Mandi Wajib yang Benar dalam Islam Niat dan Tata Caranya

Ulama Maliki mendefinisikan al-gashlu yang berarti mandi dengan menyampaikan air serta menggosokkannya ke seluruh badan dengan niat supaya boleh melakukan sholat.

Jilbab Khusus untuk Tenaga Medis Corona yang Disumbangkan Desainer Berhijab

Wanita yang bernama Hilal Ibrahim ini terketuk hatinya membagikan hijab untuk para tenaga medis yang berjilbab.
- Advertisement -