Final Liga Champions 2019 di Markas Baru Atletico Madrid

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memutuskan bakal menggelar final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, dilansir dari AFP . Stadion tersebut merupakan markas baru Atletico Madrid yang mulai digunakan musim ini.

Megah dan Modern, Markas Baru Atletico Madrid

Estadio Wanda Metropolitano, sebelumnya dikenal sebagai Estadio de La Peineta, adalah sebuah stadion yang terletak di Madrid, Spanyol. Stadion ini menjadi kandang bagi Atletico Madrid sejak awal musim 2017–18.

Stadion ini terletak di lingkungan Rosas, distrik San Blas-Canillejas. Stadion ini dibuka pada 6 September 1994 oleh Pemerintah Wilayah Otonom Madrid. Karena regulasi sponsor UEFA, stadion ini disebut sebagai Estadio Metropolitano dalam pertandingan resmi UEFA.

Stadion Wanda Metropolitano baru saja rampung dibangung pada pertengahan 2018 ini. Pembangunan stadion berkapasitas 68.000 kursi itu menghabiskan dana sebesar €350 juta atau setara Rp5,5 triliun.

Wanda Metropolitano sudah pasti merupakan stadion yang futuristis dan layak disandingkan dengan stadion-stadion megah milik klub elite Eropa lain.

Stadion ini merupakan kebanggaan sekaligus simbol identitas sepak bola Atletico Madrid setelah sebelumnya bermarkas di Stadion Vicente Calderon.

Di luar stadion, terdapat lempengan-lempengan perunggu di tanah beriskan nama para pemain Atletico yang telah mencatatkan 100 penampilan bagi klub.

Menariknya, Atletico tetap memberikan satu tempat bagi Hugo Sanchez, striker legendaris Meksiko yang berpaling ke Real Madrid pada 1985. Sejumlah fans yang tidak setuju langsung menaruh punting rokok, kaleng bir, dan sampah ke lempengan Sanchez.

Laga puncak Liga Champions musim 2018-2019 akan digelar di Wanda Metropolitano. Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo pun mengaku amat terhormat sembari menyatakan kalau Los Colchoneros akan berusaha keras untuk tampil di partai final tersebut.

“Kami punya stadion yang sangat bagus jadi keputusan (UEFA) itu tak mengejutkan saya. Merupakan sebuah kehormatan besar untuk klub dan kota ini, jadi kami senang UEFA sepakat dengan kami,” papar Cerezo.

Armada Diego Simeone sendiri telah dua kali lolos ke final Liga Champions dalam empat musim terakhir. Sayang, Atletico Madrid selalu gagal jadi kampiun.

Wanda Metropolitano sendiri bakal jadi stadion keempat di Spanyol yang menggelar final Liga Champions, setelah sebelumnya ada Santiago Bernabeu, Ramon Sanchez Pizjuan, dan Camp Nou.

Laga Perdana di Wanda Metropolitano

Dalam sebuah inaugurasi yang spektakuler, stadion baru ini telah membuat fans Atletico bergidik bangga. Pelatih Diego Simeone pun mengakuinya, “Saya tidak pernah melihat yang seperti ini. Saya akan mengenang ini selamanya.”

Los Rojiblancos pertama kali tampil di Stadion Wanda Meotropolitano pada gelaran La Liga Spanyol. Saat itu tim arahan Diego Simeone mampu menaklukkan Malaga 1-0 berkat satu-satunya gol yang dicetak Antoine Griezmann.

 

Gol tunggal Antoine Griezmann di babak kedua menjadikan penyerang Prancis itu sebagai pencetak gol pertama di stadion baru sekaligus kian mempertegas statusnya sebagai simbol bagi Los Rojiblancos. “Ini adalah stadion terbaik yang pernah saya tempati,” katanya.

Pada akhirnya, Wanda Metroplitano adalah stadion yang akan mengantar Atletico menuju momen besar di masa depan. Kebangkitan Atletico dalam beberapa tahun terakhir sebagai salah satu tim terbaik di Spanyol dan Eropa menjadi profil yang pas untuk stadion yang spektakuler ini.

 

Most Popular

Gunung Merapi Kembali Meletus dengan Kolom Setinggi 5.000 Meter

Gunung Merapi kembali meletus dan mengeluarkan awan panas. Letusan gunung kali ini terjadi pada Jumat (27/3/2020) sekitar 10.56 WIB. Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan...

UN 2020 Resmi Ditiadakan Karena Corona

Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syaiful Huda mengatakan DPR dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sepakat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) ditiadakan untuk...

Update Corona 25 Maret: 790 Kasus, 31 Sembuh, 58 Meninggal

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan ada penambahan kasus positif Corona pada Rabu, 25 Maret 2020. "Ada penambahan kasus positif sebanyak 105...

Viral Jenazah Pasien PDP Covid-19 di Kendari Jadi Kerumunan, Puluhan Pelayat Diisolasi

Pasien Dalam Pengawasan Covid -19 yang meninggal pada Senin (23/3/2020) di RSUD Bahteramas Kendari, Sulawesi Tenggara mendadak viral di media sosial. Pasalnya, jenazah yang...