Catatan Matchday 5 UCL 2018-2019

Liga Champion musim 2018-2019 telah merampungkan matchday 5 tengah pekan ini. Sebanyak 12 tim tercatat telah memastikan langkah ke fase 16 besar.

Sejauh ini La Liga dan Bundes Liga jadi liga paling banyak menaruh wakilnya dengan masing-masing tiga tim. Dari Liga Spanyol diwakili Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid.

Sementara Bundes Liga dengan Bayern Munchen, Borussia Dortmund dan Schalke. Bagi Bundes Liga hal ini tentu menjadi sebuah pencapaian yang baik, karena pada musim lalu hanya ada satu klub Jerman yang mampu mencapai fase gugur UCL yaitu Bayern Munchen.

Perjuangan Duo Manchester

Meski prestasi spesial ditorehkan La Liga dan Bundes Liga, sorotan mata tetap tertuju pada dua wakil Inggris, Manchester City dan Manchester United yang harus lebih dulu jalani laga yang dramatis demi satu tiket ke babak gugur.

Manchester City harus susah payah mengunci satu tempat di fase gugur, usai jalani laga ketat melawan Olympique Lyon di stadion Parc Olympique Lyonnais.

Di laga ini, City harus dua kali tertinggal dari tuan rumah lewat braze Maxwel Cornet di menit 55′ dan 81′. Beruntung City memiliki striker sekelas Sergio Aguero, yang akhirnya mengunci satu tiket 16 besar lewat gol nya menit 83′.

Seakan bernasib sama dengan rival sekota, Manchester United juga harus menunggu hingga akhir pertandingan untuk pastikan diri lolos dari fase grup.

Menjamu Young Boys di Old Trafford, anak asuh Jose Mourinho baru bisa bernapas lega pada masa injury time babak kedua. Marouane Fellaini keluar sebagai pahlawan Setan Merah di malam itu lewat gol semata wayangnya.

Persaingan Sengit Grup C

Sementara itu, satu-satunya grup yang belum pastikan wakilnya ke babak gugur adalah grup C. Hal ini tak lepas dari hasil buruk yang diterima wakil Inggris, Liverpool, yang harus takluk 1-2 saat bertandang ke markas PSG, Stade de France.

Hal ini tak lepas dari lawan yang harus dihadapi Liverpool dilaga hidup mati fase grup yaitu Napoli, yang kini berada di puncak klasemen. Meski diuntungkan dengan bermain dihadapan publik sendiri, namun Napoli dengan juru taktik penuh pengalaman sekelas Carlo Ancelotti, tentu bukanlah tim yang mudah untuk dikalahkan.

Pertemuan pertama pun, The Reds harus merana karena takluk dengan skor 0-1. Napoli pun berpeluang bermain aman karena mereka hanya membutuhkan hasil seri untuk membuat mereka melaju ke 16 besar.

Apalagi jika melihat tabel klasemen, Liverpool tentu tak bisa berharap dari hasil PSG dan Red Star. Karena saat ini, PSG berada diatas mereka dengan selisih dua poin. Artinya, Liverpool harus mati-matian untuk menaklukan Napoli pada matchday ke 6 pertengahan Desember nanti di Anfield.

Most Popular

Benarkah Golongan Darah Menentukan Kerentanan terhadap Virus Corona?

Golongan darah ditentukan berdasarkan jenis antigen yang menempel pada sel darah merah. Antigen tiap individu diturunkan dari gen kedua orang tuanya. Berdasarkan antigen ini,...

Efek Virus Corona, Kapolres Simalungun Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Anggota Polri

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Polri hinggal tanggal 6 April 2020 mendatang. Diduga efek merebaknya Virus Corona (Covid-19). Humas Kapolres,...

Rapat Online, DPR dan Mendikbud Sepakat UN Ditiadakan

Syaiful mengatakan keputusan itu disepakati dalam rapat konsultasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, yang digelar secara online, Senin (23/3/2020). "Penyebaran wabah Covid-19 diprediksi...

Guru Besar UGM yang Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Guru Besar Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ( UGM) yang dinyatakan positif Covid-19 meninggal dunia. Profesor berinisial ID meninggal dunia dalam usia 58 tahun...