NEWS

Pernak Pernik Jelang Berakhirnya Liga 1 Indonesia 2018

Liga 1 merupakan level tertinggi kompetisi sepakbola di Indonesia. Kompetisi ini dibentuk pada tahun 2008 yang sebelumnya bernama Indonesia Super League (ISL).

Sebanyak 18 klub diseluruh nusantara turut andil dalam ajang yang oleh PSSI dinyatakan sebagai perwujudan kompetisi profesional sepak bola pertama di Tanah Air.

Isu Suap Liga 1

Menjelang laga-laga krusial, antara tim-tim yang sedang berjuang untuk terhindar dari zona degradasi, maupun tim-tim papan atas yang begitu berambisi meraih kemenangan guna mengangkat trofi Liga 1 musim ini, masyarakat pecinta sepakbola di tanah air disuguhkan oleh kabar yang menyeruak tentang adanya dugaan suap maupun pengaturan skor di beberapa pertandingan.

Seperti isu dugaan suap yang menerpa Persib Bandung, yang mana empat pemainnya, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Patrich Wanggai, dan Eka Ramdani, dituding menerima uang agar memberikan kemenangan kepada PSMS Medan pada pekan ke-30 Liga, pada Jumat (9/11) lalu.

(foto : persib.co.id)

Akibat isu itu menguat, 4 pemainnya tersebut tidak dibawa melawan PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (18/11). Sehubungan dengan itu, Persib Bandung dan PSMS Medan telah memberi tanggapan terkait dugaan praktik suap. Kedua tim tersebut pun menampik dugaan itu.

Bukan hanya kedua tim, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, juga turut berkomentar. “Apabila menemukan praktik suap laporkan saja ke pihak hukum,” kata Edy, Kamis (22/11) lalu.

Edy mengungkapkan, jika sebuah klub yang sedang dalam kondisi terpuruk di klasemen, tapi mampu mengalahkan tim papan atas maka banyak isu tak sedap muncul.

“Kalau kalah mesti begitu, Anda percaya tidak? Coba tanya ke PSMS pasti menyangkal. Kemarin Persib lawan PSIS. Nanti Semarang dibilang suap lagi,” ujar Edy yang juga Gubernur Sumatera Utara, seperti dikutip dari analisadaily.

Tentunya dalam hal ini, PSSI segera melakukan tindakan tegas, bagi klub maupun individu yang terbukti melakukan praktik suap di beberapa pertandingan, dan berita yang beredar di media sosial yang sudah di konsumsi publik harus segera diklarifikasi PSSI, agar masyarakat pecinta sepakbola di Tanah Air yakin dan percaya bahwa tidak ada mafia sepakbola di Liga 1 musim ini.

Liga yang dikelola secara profesional, tentunya akan menghasilkan timnas yang berkualitas dan mampu berbicara banyak di level Asia maupun dunia.

Most Popular

‘Gaji’ Kartu Pra Kerja Jokowi Naik Jadi Rp 1 Juta

Kartu Pra Kerja menjadi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menanggulangi badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Khusus saat darurat corona, program ini akan dijalankan...

Omzet Bisnis Katering Anjlok 40% Imbas Wabah Corona

"Jadi kalau dipukul rata sih mereka kondisinya secara total ya, secara total ya kita di bisnis jasa boga ini 40% lah turunnya," kata Dewan...

Jokowi Naikkan Insentif Kartu Pra Kerja, Semula Rp 650 Ribu Jadi Rp 1 Juta

Kartu Pra Kerja menjadi salah satu cara pemerintah mengurangi dampak virus corona terhadap perekonomian dalam negeri.Presiden Joko Widodo pun menaikkan besaran insentif tunai yang...

Gunung Merapi Kembali Meletus dengan Kolom Setinggi 5.000 Meter

Gunung Merapi kembali meletus dan mengeluarkan awan panas. Letusan gunung kali ini terjadi pada Jumat (27/3/2020) sekitar 10.56 WIB.Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan...