#WOWFAKTA

UEFA Nations League

Latar belakang dibentuknya UEFA Nations League

UEFA selaku badan organisasi sepakbola di Eropa merasa bahwa pertandingan Internasional yang jadwalnya berada di tengah-tengah musim kompetisi dirasa kurang memiliki kualitas. Para tim yang bertanding hanya sekedar bermain membela negara mereka tanpa hal yang jelas dan apa tujuannya.

Banyak para penggemar juga merasakan hal yang kurang menarik apabila sekedar menyaksikan para pemain dari negara mereka bertanding tanpa mengejar target kemenangan.

Dengan mendasari salah satu hal tersebut, maka disepakatilah kompetisi antar negara ini. Kompetisi yang hanya melibatkan 55 negara anggota resmi UEFA ini memiliki format yang sedikit berbeda dibandingkan dengan kompetisi lain yang pernah ada.

Format UEFA Nations League

Kompetisi ini terbagi menjadi empat grup yaitu League A, League B, League C, dan League D. Di dalam masing-masing League tersebut, terbagi lagi menjadi empat grup yaitu Grup 1, Grup 2, Grup 3, Grup 4 seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :


Gambar ini menjelaskan detail format kompetisi UEFA Nations League. Kita mulai dari League A terlebih dahulu. Dalam League A, terbagi menjadi empat grup. Pemuncak klasemen dari grup tersebut akan maju ke partai Final Four yang akan diselenggarakan pada Juni 2019.

Tujuan dari kompetisi final four ini adalah mencari juara tunggal dari kompetisi ini. Final four akan berformat Semifinal dan Final. Kemudian masing-masing tim yang berada di dasar klasemen grup yang berada di League A, otomatis akan terdegradasi ke League B.

Selanjutnya kita akan bahas format dari tim yang berada di League B, League C, dan League D. Pemuncak klasemen di masing-masing grup pada League tersebut otomatis akan promosi ke League yang berada satu tingkat di atasnya.

Sebagai contoh, tim pemuncak klasemen dari Grup 1 League D otomatis akan bermain di Grup 1 League C di musim berikutnya. Sebaliknya, tim yang berada di dasar klasemen masing-masing grup, otomatis akan degradasi ke League yang berada satu tingkat di bawahnya.

Pengundian peserta untuk masing – masing League dan Grup, didasarkan dari urutan peringkat koefisian UEFA yang dapat dilihat di sini.

Peringkat 1 – 12 dalam daftar koefisien UEFA terebut otomatis akan masuk di League A.

Peringkat 13 – 24 dalam daftar koefisien UEFA tersebut otomatis masuk di League B.

Peringkat 25 – 39 dalam daftar koefisien UEFA tersebut otomatis masuk di League C.

Peringkat 40 – 55 dalam daftar koefisien UEFA tersebut otomatis masuk di League C.

Jadwal Penyelengaraan UEFA Nations League

Berikut ini jadwal lengkap penyelenggaraan UEFA Nations League:

foto : screenshot

 

Berikut adalah gambar hasil pengundian League dan Grup untuk para peserta dari 55 negara anggota UEFA yang turut serta dalam Nations League edisi perdana ini :

Most Popular

Omzet Bisnis Katering Anjlok 40% Imbas Wabah Corona

"Jadi kalau dipukul rata sih mereka kondisinya secara total ya, secara total ya kita di bisnis jasa boga ini 40% lah turunnya," kata Dewan...

Efek Virus Corona, Kapolres Simalungun Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Anggota Polri

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Polri hinggal tanggal 6 April 2020 mendatang. Diduga efek merebaknya Virus Corona (Covid-19).Humas Kapolres,...

Pendaftaran KIP Kuliah untuk Peserta SNMPTN 2020 Segera Ditutup, Cek dan Jangan Sampai Ketinggalan

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu segera ditutup.Informasi yang dihimpun dari situs Kemendikbud,...

Kasihan, Karyawan Katering Dirumahkan Imbas Corona

Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Diana Dewi mengungkapkan bahwa karyawan katering mulai dirumahkan imbas ditundanya pernikahan atau resepsi pernikahan.Karyawan yang dipulangkan khususnya...