You may also like
Berita Kenali Gejala Hernia pada Anak Peyebab Cara Menanganinya

Kenali Gejala Hernia pada Anak Peyebab Cara Menanganinya

You may also like

Hernia merupakan situasi yang terjadi sebab adanya penonjolan organ seperti misalnya usus melalui dinding dari rongga dimana biasanya organ tersebut berada.

Bagian dari usus ataupun jaringan lain disekitarnya tersebut bisa menekan daerah yang lemah. Perihal ini menyebabkan tonjolan ataupun benjolan dibawah kulit yang umum dikenal oleh warga sebagai hernia.

Hernia Pada Anak: Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis (dilipat paha) pada anak dapat terjadi pada salah satu atau kedua sisi selangkangan. Hernia pada anak dengan jenis inguinalis ini terjadi karena pada saat perkembangan bayi, ada jalur alami antara rongga perut dengan selangkangan yang disebut saluran inguinalis. Pada anak laki-laki, testikel berkembang di perut dan bergerak ke dalam skrotum melalui saluran inguinalis. Sedangkan pada anak perempuan walaupun tidak memiliki testikel, mereka tetap memiliki saluran ini. Sehingga mereka juga tetap bisa mendapatkan hernia. Saluran ini seharusnya menutup segera setelah lahir. Akibat dari saluran ini tidak menutup sepenuhnya, cairan, usus atau jaringan lain dari dalam rongga perut dapat masuk ke selangkangan.

“Kita bisa mengetahui tanda dan gejala penyakit hernia inguinalis ini bila ada pembengkakan pada area lipat paha atau di dalam skrotum yang akan terlihat bila anak sedang menangis, batuk, bersin atau mengejan. Gejala ini juga disertai nyeri dan rasa tidak nyaman di daerah yang menonjol tersebut,” jelas Dokter Sherly.

Terkadang pembengkakan yang disertai rasa nyeri, muntah bahkan kemerahan di kulit sekitarnya. Kondisi ini membutuhkan penanganan segera sebab telah terjadi jepitan pada organ yang telah masuk ke dalam hernia tersebut. Hernia inguinalis hanya dapat disembuhkan dengan pembedahan. Terutama jika telah terjadi jepitan pada organ yang masuk ke dalam saluran inguinalis.

Hernia Pada Anak: Hernia Umbilikalis

Dokter Spesialis Bedah Anak dari Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, dr. Sherly Ikyos Dahlia Lie, Sp.BA mengatakan bahwa sebagian besar bayi dilahirkan dengan lubang kecil di otot perut. Hernia umbilikalis adalah kondisi saat bagian usus menonjol lewat pembukaan umbilikalis pada otot perut. Keterlambatan atau gagal menutupnya lubang ini berkembang menjadi hernia umbilikalis. Pada bayi biasanya terjadi beberapa minggu setelah lahir. Besarnya beragam, tetapi jarang menimbulkan gejala. Kadang-kadang sebagian kecil dari usus dapat masuk dan keluar melalui pembukaan ini, yang dapat merubah ukurannya menjadi lebih besar. Hernia ini dapat menghilang tanpa pengobatan sebelum usia 3 tahun.

Sebagian besar anak-anak dengan hernia umbilikalis tidak memerlukan pembedahan. Pembedahan dilakukan jika hernia menetap hingga usia lebih dari 3 tahun atau jika besar lubang lebih dari 1,5cm pada usia 2-3 tahun. Hernia umbilikalis perlu dilakukan operasi jika telah terjadi jepitan pada organ di dalam kantung hernia.

Apakah hernia pada anak bisa sembuh tanpa operasi?

You may also like

Pengobatan hernia tanpa operasi sebenarnya bisa diupayakan, mulai dari mengubah pola makan hingga mengonsumsi obat-obatan. Namun, perlu Anda pahami kalau tidak semua hernia atau turun berok ini selalu bisa diobati tanpa operasi

Jenis-jenis Hernia
Hernia terdiri atas beberapa jenis, yaitu:

Hernia inguinalis, terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak di rongga perut mencuat ke selangkangan. Hernia inguinalis merupakan jenis hernia yang paling sering terjadi dan pria memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.
Hernia femoralis, terjadi ketika jaringan lemak atau sebagian usus mencuat ke paha atas bagian dalam. Risiko wanita menderita jenis hernia ini lebih tinggi, terutama wanita hamil atau memiliki berat badan berlebih (obesitas).


Hernia umbilikus, terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak mendorong dan mencuat di dinding perut, tepatnya di pusar. Jenis hernia ini biasanya dialami oleh bayi dan anak di bawah usia 6 bulan akibat lubang tali pusat tidak tertutup sempurna setelah bayi lahir.


Hernia hiatus, terjadi ketika sebagian lambung mencuat ke dalam rongga dada melalui diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut). Jenis hernia ini umumnya terjadi pada lansia (>50 tahun). Jika seorang anak mengalami hernia hiatus, kondisi tersebut disebabkan oleh kelainan bawaan.

You may also like


Hernia insisional, terjadi ketika usus atau jaringan mencuat melalui bekas luka operasi di bagian perut atau panggul. Hernia insisional dapat terjadi bila luka operasi di perut tidak menutup dengan sempurna.


Hernia epigastrik, terjadi ketika jaringan lemak mencuat melalui dinding perut bagian atas, tepatnya dari uluhati hingga pusar.
Hernia spigelian, terjadi ketika sebagian usus mendorong jaringan ikat (spigelian fascia) yang terletak di sisi luar otot rektus abdominus, yaitu otot yang membentang dari tulang rusuk hingga tulang panggul dengan karakteristik tonjolan yang dikenal dengan ‘six pack’. Hernia spigelian paling sering timbul di daerah sabuk spigelian, yaitu daerah pusar ke bawah.


Hernia diafragma, terjadi ketika sebagian organ lambung mencuat masuk ke rongga dada melalui celah diafragma. Hernia jenis ini juga dapat dialami oleh bayi ketika pembentukan diafragma kurang sempurna.


Hernia otot, terjadi ketika sebagian otot mencuat melalui dinding perut. Jenis hernia ini juga dapat terjadi pada otot kaki akibat cedera saat berolahraga.

You may also like

KOMENTAR

Baca Juga

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Gelombang 10 Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 telah resmi dibuka. Masyarakat sudah mula...

Gatot Dicopot Sebagai Panglima TNI karena Dekat dengan Gerakan 212?

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa hanya Presiden Joko Widodo yang tahu apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Janda Bolong, Tanaman Sultan Harga Selangit

Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga rat...

Pemain AC Milan Tak Kaget Zlatan Ibrahimovic Positif Corona

Zlatan Ibrahimovic, penyerangnya AC Milan positif virus Corona. Apa komentar rekan-rekan setimnya? Zlatan Ibrahimovic positif virus Corona.

Prediksi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang terkait dengan hasil penelitian Institut Tekonologi Bandung (ITB), soal kemungkinan adanya potensi ancaman aktivitas gempa disertai gelombang tsunami 20 meter selatan Pulau Jawa.

BERITA TERBARU

Gelombang 10 Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 telah resmi dibuka. Masyarakat sudah mulai bis...

Gatot Dicopot Sebagai Panglima TNI karena Dekat dengan Gerakan 21...

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa hanya Presiden Joko Widodo yang tahu apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Janda Bolong, Tanaman Sultan Harga Selangit

Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga ratusan ...

MOST POPULAR

BTS Bikin Lagu Spesial Untuk Hyundai Ioniq

Hyundai baru saja meluncurkan Ioniq secara global dan siap menjadi produk andalah terbaru di pasar mobil listrik.

Seks di Pagi Hari, Apa Kelebihannya?

Tidak sedikit pasangan suami istri yang lebih suka melakukan hubungan seksual di malam hari daripada di pagi hari.

Dihukum Masuk Peti Mati Karena Tidak Menggunakan Masker

Seorang pelanggar karena tak memakai masker di Jakarta Pria dihukum masuk ke peti mati

Hadits tentang Cinta Kepada Allah SWT

Hadits tentang cinta perlu kita ketahui. Rasa cinta kepada Allah SWT tentu harus lebih kuat dibandingkan dengan

Mayat Pria Ditemukan di Apartemen Kalibata City, Diduga Dimutilasi

Sesosok mayat pria ditemukan di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Jenazah saat ini telah dievakuasi ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.