You may also like
Berita Kasus Penyerangan Ulama Sebelum Syekh Ali Jaber :Jokowi Mint...

Kasus Penyerangan Ulama Sebelum Syekh Ali Jaber :Jokowi Minta Diusut Lagi

You may also like

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mengusut kasus penyerangan ulama yang dulu. Jokowi ingin kasus-kasus tersebut diusut tuntas agar tak ada spekulasi liar yang berkembang di masyarakat.

“Presiden tadi pagi juga memerintahkan kepada saya agar BNPT, Polri dan BIN menyelidiki semua kasus penyerangan kepada ulama yang dulu-dulu, apakah ada pola yang sama. Ini agar diusut tuntas agar tidak ada spekulasi di masyarakat,” kata Menko Polhukam Mahfud di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, seperti dalam keterangan tertulis dari Kemenko Polhukam, Rabu (19/6/2020).

Mahfud juga secara khusus berbicara mengenai kasus penusukan Syekh Ali Jaber beberapa waktu lalu. Dia menepis isu liar kasus tersebut tak akan dibawa ke pengadilan.

“Itu tidak benar, pemerintah transparan dan akan meneruskan kasus ini ke pengadilan,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan nantinya pengadilan yang akan bersikap pernyataan pihak keluarga soal tersangka AA mengalami gangguan jiwa. Dia memastikan pihak kepolisian tak akan menghentikan kasus penusukan tersebut.

Menko Polhukam Mahfud Md (Dok. Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud Md (Dok. Kemenko Polhukam)

“Pemerintah melalui Polri sudah bersikap bahwa pelaku akan terus dibawa ke pengadilan dengan actus reus atau tindakan yang sudah nyata. Soal sakit jiwa atau tidak, itu biar hakim yang menentukan. Hakim mungkin nanti akan meminta dokter untuk memeriksa. Polisi tidak akan menghentikan karena alasan sakit jiwa, soal itu biar nanti di pengadilan saja advokat yang mendampingi membela apakah ia sakit jiwa atau tidak,” ujar Mahfud.

Seperti diketahui, peristiwa penusukan Syekh Ali Jaber itu terjadi pada Minggu (13/9) kemarin setelah mengisi ceramah di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung. Pelaku penusukan berinisial AA (24) ditangkap di lokasi kejadian setelah melakukan penyerangan terhadap Syekh Ali Jaber.

Dalam penyidikan kasus ini, sudah ada 13 orang saksi yang diperiksa. Mereka berasal dari pihak keluarga, saksi di lokasi kejadian, dan panitia.

Saat ini tersangka AA telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polresta Bandar Lampung. Polisi mengenakan pasal pembunuhan sehingga tersangka AA. Tersangka terancam hukuman mati.

“Polisi serius dalam menangani kasus tersebut. Bisa dibuktikan dengan polisi menangkap pelaku, mengamankan barang bukti, dan melakukan penahanan terhadap pelaku. Hingga saat ini penyidik Polda Lampung yang dibantu penyidik Mabes Polri, dari Dittipidum yang sudah ada di Lampung mem-backup,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (16/9).

You may also like

KOMENTAR

Baca Juga

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Gelombang 10 Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 telah resmi dibuka. Masyarakat sudah mula...

Gatot Dicopot Sebagai Panglima TNI karena Dekat dengan Gerakan 212?

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa hanya Presiden Joko Widodo yang tahu apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Janda Bolong, Tanaman Sultan Harga Selangit

Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga rat...

Pemain AC Milan Tak Kaget Zlatan Ibrahimovic Positif Corona

Zlatan Ibrahimovic, penyerangnya AC Milan positif virus Corona. Apa komentar rekan-rekan setimnya? Zlatan Ibrahimovic positif virus Corona.

Prediksi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang terkait dengan hasil penelitian Institut Tekonologi Bandung (ITB), soal kemungkinan adanya potensi ancaman aktivitas gempa disertai gelombang tsunami 20 meter selatan Pulau Jawa.

BERITA TERBARU

Gelombang 10 Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 telah resmi dibuka. Masyarakat sudah mulai bis...

Gatot Dicopot Sebagai Panglima TNI karena Dekat dengan Gerakan 21...

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa hanya Presiden Joko Widodo yang tahu apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Janda Bolong, Tanaman Sultan Harga Selangit

Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga ratusan ...

MOST POPULAR

BTS Bikin Lagu Spesial Untuk Hyundai Ioniq

Hyundai baru saja meluncurkan Ioniq secara global dan siap menjadi produk andalah terbaru di pasar mobil listrik.

Seks di Pagi Hari, Apa Kelebihannya?

Tidak sedikit pasangan suami istri yang lebih suka melakukan hubungan seksual di malam hari daripada di pagi hari.

Dihukum Masuk Peti Mati Karena Tidak Menggunakan Masker

Seorang pelanggar karena tak memakai masker di Jakarta Pria dihukum masuk ke peti mati

Hadits tentang Cinta Kepada Allah SWT

Hadits tentang cinta perlu kita ketahui. Rasa cinta kepada Allah SWT tentu harus lebih kuat dibandingkan dengan

Mayat Pria Ditemukan di Apartemen Kalibata City, Diduga Dimutilasi

Sesosok mayat pria ditemukan di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Jenazah saat ini telah dievakuasi ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.