You may also like
Health 7 Cara Mencegah Katarak Obat Pengertian Gejala dan Resiko

7 Cara Mencegah Katarak Obat Pengertian Gejala dan Resiko

You may also like

Katarak adalah Penyakit Mata yang Tidak hanya Menyerang Lansia tapi Juga bisa terjadi kepada Kau Muda, hal itu Terjadi akibat lensa mata mengalami Kerusakan yang disebabkan karena adanya gumpalan Protein yang Menumpuk di Mata dan mengalangi lensa mata

Obat Katarak Pengertian Gejala dan Resiko
Katarak Pada Mata

Glaukoma Penyakit Saraf Mata

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata. Saraf mata adalah sekumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak.

Ciri Ciri Mata Katarak ?

Ditandai dengan munculnya kekeruhan pada lensa mata dan mata yang tampak seperti berawan. Kondisi ini terjadi karena adanya gumpalan protein pada lensa mata. Gumpalan inilah yang mengganggu fungsi lensa mata untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata, untuk diteruskan ke retina.

  • Pandangan kabur seperti berkabut.
  • Warna di sekitar terlihat memudar.
  • Rasa silau saat Anda melihat lampu mobil, matahari atau lampu. Anda juga dapat melihat lingkaran di sekeliling cahaya.
  • Pandangan ganda.
  • Penurunan penglihatan di malam hari.
  • Sering mengganti ukuran kacamata.

Penyebab Mata Bisa Mengidap Katarak ?

Gumpalan Protein pada Mata disebut dengan katarak, yang mengganggu fungsi lensa mata untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata, untuk diteruskan ke retina.

Cara Mencegah Katarak

Beberapa cara di bawah ini dapat membantu mencegahnya, terutama bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat Penyakit Tersebut, yaitu:

Memeriksakan kondisi mata secara rutin

Jika Anda rutin memeriksakan kesehatan mata, dokter akan cepat mendeteksi apabila muncul tanda-tanda mata . yang masih berada pada tahap awal dapat lebih mudah ditangani dan diobati dokter mata.

Orang dewasa dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter tiap dua tahun sekali sampai usia 50 tahun.

Di atas usia 50 tahun, Anda disarankan memeriksakannya sebanyak dua kali dalam setahun. Sementara, bagi orang dengan riwayat diabetes yang lebih berisiko mengalami penyakit mata, disarankan untuk lebih sering memeriksakan kondisi mata.

Melindungi mata dari paparan sinar UV

Pajanan sinar ultraviolet (UV) pada mata dapat menambah risiko , selain juga membuat katarak yang sebelumnya sudah dialami menjadi makin parah. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) dapat merusak protein di lensa mata. Hindari mata dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan kacamata hitam atau topi lebar, terutama saat sedang beraktivitas di bawah terik matahari langsung. Pilihlah kacamata hitam yang dapat memblokir 100% sinar UV dan berukuran lebar, sehingga perlindungan yang didapat maksimal.

Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Anda dianjurkan untuk selalu menjaga dan memantau kesehatan tubuh, sebab ada beberapa penyakit yang dapat meningkatkan risiko mata terkena katarak. Misalnya diabetes, kondisi mata yang tidak sehat, serta komplikasi dari operasi mata yang pernah dijalani. Anda juga sebaiknya berhati-hati terhadap penggunaan kortikosteroid jangka panjang, karena dapat mempertinggi risiko terkena katarak.

Mengatur pola makan

You may also like

Pilih makanan bernutrisi yang banyak mengandung vitamin serta antioksidan. Selain menyehatkan tubuh, asupan makanan ini dapat menjaga berat badan sekaligus mengurangi risiko terhadap katarak. Makanan bernutrisi yang baik untuk mata misalnya biji-bijian, serta sayuran dan buah-buahan berwarna terang. ontohnya bayam, brokoli, paprika, dan kacang-kacangan.
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi antiokisidan, seperti vitamin C dan lutein, berdampak signifikan dalam menekan risiko terbentuknya katarak. Mata katarak terjadi ketika lensa mata menjadi keruh karena oksidasi dalam jangka panjang. Vitamin C dan lutein diketahui dapat menghentikan oksidasi pada lensa mata. Sumber alami vitamin C di antaranya adalah jeruk, tomat, stroberi, brokoli, melon, dan kiwi.

Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan risiko terkena diabetes, yang merupakan faktor risiko mata katarak. Cara yang dapat Anda lakukan adalah menjaga pola makan yang baik dan nutrisi yang seimbang, diimbangi dengan rutin berolahraga, seperti berenang, berlari, atau sekadar berjalan kaki ringan mengitari lingkungan tempat tinggal di pagi hari.

Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terkena mata katarak. Merokok menciptakan lebih banyak radikal bebas di mata Anda. Untuk menurunkan risiko katarak, disarankan untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok. Apabila Anda merasa upaya ini begitu berat, cobalah berkonsultasi kepada dokter.

Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Jika Anda termasuk penggemar minuman keras, sebaiknya kurangi atau hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman keras sama sekali. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena mata katarak.

Apakah Katarak bisa disembukan Tanpa Operasi ?

Saat ini, katarak hanya dapat disembuhkan dengan operasi, yakni menggantikan lensa mata dengan yang jernih. “Hingga saat ini, belum ditemukan obat-obatan atau teknologi yang dapat menyembuhkan katarak tanpa operasi.

You may also like

KOMENTAR

Baca Juga

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Gelombang 10 Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 telah resmi dibuka. Masyarakat sudah mula...

Gatot Dicopot Sebagai Panglima TNI karena Dekat dengan Gerakan 212?

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa hanya Presiden Joko Widodo yang tahu apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Janda Bolong, Tanaman Sultan Harga Selangit

Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga rat...

Pemain AC Milan Tak Kaget Zlatan Ibrahimovic Positif Corona

Zlatan Ibrahimovic, penyerangnya AC Milan positif virus Corona. Apa komentar rekan-rekan setimnya? Zlatan Ibrahimovic positif virus Corona.

Prediksi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang terkait dengan hasil penelitian Institut Tekonologi Bandung (ITB), soal kemungkinan adanya potensi ancaman aktivitas gempa disertai gelombang tsunami 20 meter selatan Pulau Jawa.

BERITA TERBARU

Gelombang 10 Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 telah resmi dibuka. Masyarakat sudah mulai bis...

Gatot Dicopot Sebagai Panglima TNI karena Dekat dengan Gerakan 21...

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa hanya Presiden Joko Widodo yang tahu apa alasan Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Janda Bolong, Tanaman Sultan Harga Selangit

Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga ratusan ...

MOST POPULAR

BTS Bikin Lagu Spesial Untuk Hyundai Ioniq

Hyundai baru saja meluncurkan Ioniq secara global dan siap menjadi produk andalah terbaru di pasar mobil listrik.

Seks di Pagi Hari, Apa Kelebihannya?

Tidak sedikit pasangan suami istri yang lebih suka melakukan hubungan seksual di malam hari daripada di pagi hari.

Dihukum Masuk Peti Mati Karena Tidak Menggunakan Masker

Seorang pelanggar karena tak memakai masker di Jakarta Pria dihukum masuk ke peti mati

Hadits tentang Cinta Kepada Allah SWT

Hadits tentang cinta perlu kita ketahui. Rasa cinta kepada Allah SWT tentu harus lebih kuat dibandingkan dengan

Mayat Pria Ditemukan di Apartemen Kalibata City, Diduga Dimutilasi

Sesosok mayat pria ditemukan di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Jenazah saat ini telah dievakuasi ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.